Menikmati “Sunrise” di Puncak Langaneng

Teluk dan Kota Tahuna terlihat begitu indah dari Puncak Langaneng. Nampak puncak Gunung Api Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaroi terlihat di kejauhan.

Teluk dan Kota Tahuna terlihat begitu indah dari Puncak Langaneng. Nampak puncak Gunung Api Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaroi terlihat di kejauhan.

SulutToday.com – Belum lengkaplah jika sedang berada di Tahuna, dan tidak menyempatkan diri ke Puncak Langaneng. Di salah satu titik tertinggi di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara ini, Anda bisa menyaksikan Teluk dan Kota Tahuna dengan sangat leluasa dan tentu indah.

Bukan hanya itu dari puncak ini juga, kontur Gunung Api Awu terlihat begitu jelas. Dan yang lebih mempesona, tentunya puncak “the real volcano” Gunung Api Karangetang di Kabupaten Sitaro terlihat seolah menyembul dari tengah lautan dan menerobos ke awan di langit.

“Baru kali ini saya melihat puncak Karangetang dengan begitu indah dan mempesona,” ujar Joppy Mudeng, seorang dosen di Univesitas Sam Ratulangi, Manado yang baru-baru ini mengadakan penelitian di Sangihe dan menyempatkan diri memburu foto matahari terbit di Langaneng.

Ya, puncak Langaneng merupakan salah satu lokasi terbaik di Sangihe untuk menunggu matahari terbit (sunrise). Dari sini, kita dapat melihat fenomena warna-warni alam saat sunrise dengan begitu baik. Bola matahari keluar dari punggung gunung di kejauhan, seiring dengan perubahan warna langit yang menakjubkan.

Semakin tinggi, warna langit semakin berubah dan membuat cahaya dari gelap menjadi warna meneduhkan yang menyirami pengunungan di Tahuna. Udara di kawasan Langaneng yang masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Tabukan Utara ini terasa sangat sejuk. Kabut terlihat dengan jelas menutupi sebagian punggung gunung.

Warga di Langaneng memanfaatkan tanah yang subur dengan menanami sayur mayur yang kemudian di pasok ke Tahuna. Dari Langaneng, pengamat burung juga dengan leluasa dapat mengamati fenomena migrasi raptor setiap bulan Maret dan Oktober

Jika sudah puas menikmati suasana sunrise dan berfoto, mampirlah di warung warga yang menyediakan kopi panas dan pisang goreng plus sambalnya.

Selain puncak Langaneng, Sangihe sendiri masih mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik. Diantaranya, gunung berapi bawah laut Mahagetang, pantai tanah Leppe, terumbu karang sowang Kahakitang, pantai Embuhanga, pantai pulau Kemboleng dan lainnya.

Sumber : Kompas.com

Editor : Agung Yulianto Nugroho

iklan1
iklan1