Pemkot Tomohon Latih Puluhan Kader Cegah HIV/AIDS

TOMOHON – Dalam melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus HIV/AIDS, Pemerintah Kota Tomohon terus lakukan sosialisasi kepada masyarakat, termasuk juga mempersiapkan kader-kader untuk memerangi ancaman penyakit yang belum memiliki obat tersebut.

“Kami telah melatih puluhan kader yang kesemuanya berasal dari berbagai elemen masyarakat,” jelas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Tomohon Olga Karinda, seusai kegiatan pelatihan kader untuk mencegah HIV/AIDS di Aula Kawanua Cottage, Selasa (29/10/2013).

“Mereka nantinya akan berperan dalam mencegah penyebaran HIV/AIDS di Tomohon, sebab jumlah pengidap virus berbahaya ini dari data yang ada telah mencapai 84 kasus,” terangnya.

Menurut Olga, puluhan kader tersebut telah dibekali dengan berbagai pengetahuan mengenai HIV/AIDS, penyebaran, hingga ancaman bahayanya, serta cara untuk mengantisipasi agar tidak menular ke warga lainnya.

“Mereka ini dipersiapkan tak hanya teori saja, tapi praktik juga. Artinya, mereka dibekali untuk tidak menjauhi penderita, tapi merangkul agar mau untuk berobat ke pusat kesehatan terdekat. Sebab penyakit ini umumnya menular melalui jarum suntik dalam penyalahgunaan narkoba, dan hubungan bebas seksual yang sering berganti pasangan,” ujarnya. (tm/ar)

 

iklan1
iklan1