RSJ Ratumbuisang Lakukan Pendampingan Psikologi Terhadap Korban Bencana

Banyak korban yang mengaku kewalahan dan stres dengan kondisi tempat tinggal mereka.

Banyak korban yang mengaku kewalahan dan stres dengan kondisi tempat tinggal mereka.

MANADO – Pihak Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof. DR. VL. Ratumbuisang Manado terus melakukan upaya pendampingan terhadap keluarga yang mengalami bencana banjir bandang dan tanah longsor.

Direktur RSJ, dr. Jemmy Lampus mengatakan, pendampingan tersebut bersifat suportif dan motivasi bagi mereka yang terkena bencana secara langsung maupun tidak langsung. .

Penegasan Lampus tersebut disampaikannya di sela-sela kunjungan Komisi IX DPR-RI di bandara Sam Ratulangi Manado, Rabu (29/1/2014) kemarin.

Menurut Lampus, pihak RSJ Ratumbuisang yang menyertakan 8 tenaga psikolog dan 38 tenaga kesehatan jiwa dokter maupun perawat terlatih sudah turun melakukan pendampingan sejak bencana terjadi.

“Sampai saat ini kami setiap hari turun lapangan untuk melakukan pendampingan yang terintegrasi dengan pelayanan kesehatan umum secara mobile kepada keluarga-keluarga yang mengalami gastritis yang kemungkinan besar dipicu oleh kondisi mental yang labil akibat hantaman bencana banjir bandang dan tanah longsor itu”, katanya.

Ia juga menyebutkan, sampai saat ini pasien rawat jalan sudah ada lima kasus yang sedang ditangani.

“Dalam melaksanakan tugas, kami juga akan bekerjasama dengan organisasi profesi seperti dokter ahli psikiatri, psikolog dan perawat kesehatan jiwa,” ujarnya.

 

(hps/rr)

iklan1
iklan1