130 Negara Diundang Hadiri WCRC di Manado

terumbu-karang-wcrc-manado-suluttoday terumbu karang WCRC di Manado SulutToday.com

ist

MANADO – Sebanyak 130 negara diundang untuk menghadiri Konferensi Terumbu Karang Dunia (World Coral Reef Conference – WCRC) di Manado, 14 hingga 17 Mei mendatang. Dari jumlah tersebut, sudah sekitar 30 negara menyatakan bersedia hadir. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan membuka konferensi tersebut.

“Sekitar 30 negara telah bersedia hadir dengan membawa pakar kelautan dan lingkungan serta terumbu karang,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut, Ronald Sorongan, Senin (28/4/2014).

WCRC sendiri akan dipusatkan di Grand Kawanua Manado dengan kapasitas 5.000 orang. Selama konferensi para peserta akan membahas mesalah terumbu karang di dunia, terutama di Indonesia dan lima negara tetangga lainnya, yakni Malaysia, Timor Leste, Filipina, Kepulauan Salomon, dan Papua Nugini.

“Isu kerusakan terumbu karang menjadi perhatian para pakar, karena itu banyak yang akan datang,” kata Sorongan.

Sementara itu, pakar kelautan dan perikanan dari Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Sam Ratulangi Manado, Deasy Mantiri berharap pemerintah dan semua pihak terkait lebih serius menjaga dan melindungi terumbu karang.

Berdasarkan data kerusakan terumbu karang banyak terjadi karena adanya penangkapan ikan dengan menggunakan bom, serta aktifitas warga dengan perahu di kawasan terumbu karang.

“Konferensi Terumbu Karang ini tepat dan sangat baik, karena kita harus mencari solusi bersama bagaimana agar terumbu karang tetap terjaga dan dilindungi,” katanya.
(dbs/rr)

 

iklan1
iklan1