TNI AD Luncurkan Kapal Cepat Produksi Dalam Negeri

 

JAKARTA – TNI Angkatan Darat meluncurkan Kapal Motor Cepat Komando produksi dalam negeri. Kapal tersebut hasil kerjasama TNI AD dengan tenaga ahli dari berbagai perguruan tinggi.

“Tahun ini kita memproduksi 10 unit KMC Komodo ini, namun baru dua unit yang siap,” ujar Kepala Staf  TNI AD Jenderal TNI Budiman saat peluncuran kapal itu di Pantai ABC Ancol, Jakarta Utara, Selasa (29/4/ 2014).

KMC Komodo merupakan hasil rancang bangun tenaga ahli perwira Direktorat Pembekalan Angkutan, tenaga ahli Institut Teknologi Surabaya, dan tenaga pelaksana PT. Tesco Indomaritim.

Kapal ini dapat dioperasikan di rawa, laut, sungai, dan pantai. Selain itu, kapal ini juga mampu digunakan untuk pendaratan pasukan di pantai dan mampu berlayar secara terus menerus sejauh 250 kilometer.

Menurut Budiman, kapal yang berkapasitas 31 penumpang dan tiga orang anak buah kapal ini diproduksi dengan biaya Rp 12 miliar. “Itu sudah dengan biaya riset dan peralatan lainnya,” kata dia. Budiman mengklaim harga tersebut lebih murah 50 persen dibanding kapal sejenis dari Finlandia.

Kecepatan maksimum kapal ini adalah 35 knot, namun untuk pengembangan berikutnya bisa mencapai 45 knot. Sedangkan untuk persenjataan, kapal ini dilengkapi dengan sistem senjata mesin berat 12,7
milimeter. Senjata tersebut dapat menembak hingga enam kilometer dengan jarak efektif tembakan dua kilometer.

Selain itu, kapal ini juga dilengkapi dengan sistem tracking and locking target. Sistem tersebut mengatur penggunaan senjata secara otomatis yang dikendalikan oleh seorang penembak dari dalam ruang kemudi.

Kapal ini nantinya, menurut Budiman akan didistribusikan ke sembilan Komando Daerah Militer, yakni Kodam Iskandar Muda, Kodam Bukit Barisan, Kodam Sriwijaya, Kodam Mulawarman, Kodam Wirabuana, Kodam Udayana, Kodam Tanjungpura, Kodam Patimura dan Kodam Cendrawasih.
(kt/rr)

iklan1
iklan1