Sulut Ekspor Tepung Kelapa ke Delapan Negara

Tepung-Kelapa-sulut-suluttoday

ilustrasi

MANADO – Sulut berhasil mengekspor tepung kelapa ke delapan negara. Aktivitas perekonomian tersebut dilakukan pada pekan ke-2 bulan Mei 2014.

“Tepung kelapa asal Sulut diekspor ke Brasil, Jerman, Australia, Belgia, Inggris, Italia, Belanda dan Selandia Baru,” kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Hasudungan Siregar.

Jumlah yang diekspor, kata Siregar, sebanyak 310 ton dengan nilai 718.706 dolar AS dan negara-negara tersebut merupakan pasar potensial ekspor komoditi turunan kelapa seperti tepung kelapa.

Menurutnya pelaku usaha daerah ini perlu mengoptimalkan peluang ini dengan mengoptimalkan pasarnya di negara tersebut guna mendukung program memperluas pasar ekspor yang jadi target pemerintah.

“Selama ini angka ekspor Sulut bisa dikatakan cukup baik, hanya saja negara tujuannya masih sedikit, perlu diperluas supaya tidak ada ketergantungan bila terjadi gejolak di negara tujuan ekspor,” kata Siregar.

Dia berharap, ke depan bisa dikembangkan komoditi ekspor dengan kandungan lokal lebih tinggi, selain itu barang-barang yang sudah diolah di Indonesia, bukan mengekspor bahan mentah, karena hal ini akan memberikan nilai tambah.

“Banyak sekali negara-negara di Benua Eropa dan Afrika serta di belahan Timur Tengah perlu digarap menjadi tujuan ekspor Sulut,” katanya.
(se/rr)

iklan1
iklan1