Siau, Surga Kecil di Utara Manado

siau

MANADO – Manado memang menyimpan sejuta keindahan bawah laut. Selain Bunaken yang telah populer, ada Pulau Siau yang terletak di Utara Manado. Selain bisa diving, Anda juga bisa melihat fauna langka Tarsius di hutannya.

Pulau SIAU merupakan pulau di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (SITARO), Provinsi Sulawesi Utara. Di sini pula ada Gunung Karangetang, dikenal juga dengan nama Api Siau. Adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Siau.

Gunung Karangetang adalah salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia dengan letusan sebanyak lebih dari 40 kali sejak tahun 1675, serta banyak letusan kecil yang tidak terdokumentasi pada catatan sejarah.

Pulau ini terkenal sebagai penghasil pala yang konon terbaik di indonesia. Pulau siau juga merupakan tempat habitat tarsius tumpara atau Siau Island Tarsier yang termasuk salah satu dari 25 primata paling terancam punah di dunia.

EPSON scanner Image

Perjalanan ke Siau bisa ditempuh dengan kapal cepat Express Bahari, atau kapal water jet oasis. Perjalanan dengan kapal cepat ditempuh dengan waktu sekitar 4 jam perjalanan. Tapi tenang saja, karena kapalnya nyaman dan dihibur dengan film-film box office.

Ada 3 kelas dengan range tiket Rp 160-290 ribu. Ada juga kapal ferry yang berangkat sore hari.

Ada beberapa tempat makan yang buka sampai larut malam di sana, terutama di daerah pasar. Bahkan ada yang mau melayani jam berapa pun, selama masih ada yang makan.

Buat yang suka dive, di sana sudah ada dive operator diving operator lokal yang beroperasi di Siau. Owner sekaligus dive guide, pak Hari Kakunsi.

Ada juga sumber Mata Air Panas Lehi yang terletak di bagian sisi barat Pulau Siau, atau lebih dikenal dengan Ondong yang dapat ditempuh sekitar 20 menit, dan juga di Pehe.

Anda juga masuk hutan untuk melihat tarsius bersama kelompok pecinta alam SITARO.
(dt/ar)

iklan1
iklan1