Ilmu Kesehatan, Apakah Ilmu Anti Aging itu? (2)

ils

ils

Oleh Prof. dr. Eulis Alwi Datau, SpPD, KAI

Artikel Sebelumnya

Menstimulasi HGH Secara Manual
Sebanyak 2/3 dari orang-orang usia tua tidak akan memerlukan injeksi HGH untuk mendapatkan efek anti penuaan. Sebaliknya, mereka dapat menstimulasi hormon mereka sendiri secara alami melalui suatu program yang menkombinasi antara suplemen nutrien, olahraga dan diet.

Suplemen nutrien yang tersedia luas di masyarakat menunjukkan pelepasan HGH dalam beberapa studi ilmiah. Latihan aerobik dalam tingkat moderat sampai intensif menunjukkan peningkatan kadar HGH sebanyak 1,5-2 kali lebih tinggi dari biasanya. Latihan intensif dengan memakai beban berat atau weight training dapat meningkatkan level HGH sebesar 3-4 kali lipat.

Efek olahraga dan pelepasan HGH juga dapat dimaksimalkan dengan menurunkan berat badan bila berat badan awal melebihi berat badan ideal (obesitas menghambat pelepasan HGH), mengikuti diet rendah-lemak, konsumsi tinggi protein, menghindari gula dan makanan yang mengandung zat tepung–dapat menstimulasi insulin.

Hormon Pregnenolon
Pregnenolon adalah salah satu hormone yang paling penting karena dapat diubah menjadi lebih dari 150 hormon alami, sehingga hormone ini sering disebut juga sebagai hormone “grandmother”. Pregnenolon akan membantu menjaga supaya otak kita berfungsi maksimal, mengurangi radang sendi, dan merupakan penguat memori yang sangat poten yang dapat meningkatkan konsentrasi, juga dapat mencegah kelelahan mental dan depresi.

Hormon ini dapat memperkuat dan meningkatkan kadar DHEA dan progesterone, dimana banyak dilaporkan bahwa Pregnenolon dapat menimbulkan kesegaran kesadaran sebagaimana kerja dari kafein. Pasien akan lebih focus tetapi tetap merasa santai. Karena Pregnenolon dapat meningkatkan kesadaran, kejernihan mental dan kesadaran yang meningkat, maka sebaiknya digunakan saat pagi hari.

Pregnenolon, DHEA, testosterone dan estrogen, semuanya dibuat dari kolesterol. Kadar kolesterol yang rendah tidak akan berpengaruh pada kadar hormon yang normal. Tetapi saat kita menua, kesanggupan untuk mengubah kolesterol menjadi hormon dengan kadar yang normal menjadi suatu masalah, karena enzim-enzim yang berperan dalam proses pengubahan itu juga menurun.

Pregnenolon terkonsentrasi di otak dan susunan saraf pusat 70x lebih banyak daripada di dalam darah. Konsentrasi dalam otak dan susunan saraf pusat ini lebih besar daripada konsentrasi hormon lain. Hal inilah yang menyebabkan hormon ini sangat penting. Kadar Pregnenolon pada orang dewasa seharusnya berkisar antara 20 – 150 ng/100 mL, atau Pregnenolon sulfat 2,7 – 8 mg/100 mL. (bersambung)

(rr)

 

iklan1
iklan1