Permintaan Tinggi, Sulut Ekspor Tepung Kelapa ke Rusia

IMG_2878.JPG
MANADO – Rusia saat ini menjadi tujuan potensial ekspor tepung kelapa asal Sulawesi Utara. Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara (Sulut), T Hasudungan Siregar mengatakan, permintaan dari negara itu cukup tinggi.

“Pada pekan ke-3 September 2014, tepung kelapa yang diekspor ke Rusia sebanyak 78 ton dengan sumbangan devisa sebesar 177.028 dolar Amerika Serikat (AS),” kata Hasudungan.

Dengan permintaan dari Rusia, akhir-akhir ini cukup banyak, Hasudungan berharap pengusaha Sulut dapat memanfaatkan dengan baik.

“Terbukanya pasar Rusia, membuat tujuan ekspor produk Sulut semakin banyak dan beragam baik volume maupun nilai devisanya,” jelasnya.

Pengiriman komoditi ekspor unggulan Sulut produk turunan kelapa ke negara sahabat tersebut rutin dilakukan hampir setiap bulan,” katanya.

Ekspor tepung kelapa ke Rusia, ditandai makin stabilnya pasar di negara tersebut. Jika tahun-tahun lalu hanya menjadi pasar alternatif, tetapi dua tahun terakhir sudah jadi pasar konstan.
“Saat ini ekspor ke Rusia sudah berlangsung secara kontinu, tiap bulan pasti ada ekspor ke negara tersebut,” katanya.

Pemerintah, katanya, akan terus memfasilitasi agar komoditi unggulan daerah bisa dijual di semua negara di dunia.

“Kami akan terus memfasilitasi agar selalu tercipta pasar baru bagi komoditi ekspor Sulut baik turunan kelapa, pala maupun produk perikanan,” ujarnya.

Disperindag akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pengekspor dalam pengurusan Surat Keterangan Asal (SKA) dan surat-surat lainnya.

(at/rr)

iklan1
iklan1