Harga Cabe Melambung, Ini Solusi Pemkot Manado

Kantor Walikota Manado

Kantor Walikota Manado

MANADO – Pinkan Sinjal SE, Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Kota Manado saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/12/2014) mengatakan bahwa pemerintah Kota Manado tengah memikirkan alternatif mensiasati terjadinya kelangkaan dan mahalnya harga Cabe (Rica) di Kota Manado saat ini.

Menurutnya pemerintah Kota Manado dengan difasilitasi pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan menyediakan bibit Cabe yang dijalankan langsung Dinas Pertanian Kota Manado. Lanjut dikatakannya lagi kalau pemuci mahalnya Cabe karena distribusi Cabe dari Gorontalo mengalami kendala, Sinjal menilai langkah yang harus ditempuh warga Kota Manado saat ini yaitu melakukan tindakan Rumah Pangat Lestari.

”Kita mengetahui kelangkaan, atau mahalnya Cabe di Manado karena distribusi dari Gorontalo bermasalah. Tidak ada yang sengaja mempermainkan harga, ataupun menampung Cabe untuk kepentingan bisnis, karena Cabe tidak bisa disimpan lebih dari 5 jam. Langkah konkrit yang lain dilakukan pemerintah Kota Manado adalah menggagas Rumah Pangan Lestari, yang bertujuan agar setiap warga masyarakat Kota Manado memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam Cabe, masing-masing ditanam dirumah. Kita juga bekerja sama dengan daerah lain untuk hal ini, nah dalam penyediaan bibit 2015 diperkirakan dilakukan Dinas Pertanian Kota Manado melalui kerja sama dengan pemerintah Provinsi Sulut,” ujar Sinjal. (Amas Mahmud)

iklan1
iklan1