Momentum Hari Anti Korupsi, Sekda Manado Jadi Narasumber di Yogyakarta

Sekretaris Daerah Kota Manado saat memberikan materi (Foto Dan)

Sekretaris Daerah Kota Manado saat memberikan materi (Foto Dan)

MANADO – Sebagai mitra KPK, SIPS Project melalui promosi kegiatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado, Ir. Haefrey Sendoh menjadi narasumber dalam Talkshow pada pekan anti korupsi yang diselenggarakan oleh SIPS KPK di Ruang Graha Sabha Pramana Universitas Gajah Mada Yogjakarta Rabu, (10/12/2014).

Dalam pemaparannya Sekda mengatakan pemerintah kota Manado membuat gebrakan dalam meningkatkan mutu pelayanan serta pemerintahan yang bersih dan transparan. “Pada tahun 2012 menyabet juara dua nasional dalam Penilaian Inisiatif Anti Korupsi atau PIAK oleh Komisi Pemberantas Korupsi (KPK). Ada dua komponen yang dinilai yakni kuantitatif dan kualitatif. Perolehan nilai Kota Manado berada di atas rata-rata daerah lainnya dan awalnya hanya diikuti oleh dua SKPD pada 2013 semua SKPD harus ikut dan membuat pakta integritas,” kata Sekda dihadapan undangan termasuk Wakil Ketua KPK, Adnan Pandu Praja.

Selanjutnya papar Sekda Walikota memberikan kewenangan kepada BP2T dan juga mengadakan tim teknis untuk mengkaji sebelum sampai ke BP2T. Beliau juga mewakili pemerintah Kota Manado mengucapkan terima kasih kepada SIPS yang sudah memberikan pendampingan kepada pemerintah kota Manado.

“Efiensi dan Evektivitas mulai terasa ketika pendampingan dari SIPS mulai dari SDM didampingi dan systim terbenahi,” ujar Sekda.

Sekda juga berharap masih ada pendampingan sebagai kapasitas building,serta ada pertemuan berkala untuk saling bertukar informasi dalam rangka untuk mencapai kesuksesan bersama. dan Manado juga siap menjadi in house training bagi daerah sekitar. Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja mengatakan agar pemerintah selalu mengevaluasi program ini sehingga memberikan dmapak baik bagi daerah sekitar juga. Dalam keguiatan ini juga dihadiri oleh Provinsi dan Kabupaten/Kota yang tergabung dalam Project SiPs canada, Seperti Makasar,Toraja,Manado dan Sangihe serta dihadiri oleh Direktur Support to Indonesia’s Islands of Integrity Program for Sulawesi (SIPS) Mr. Peter Walton dan mahasiswa. (Amas Mahmud)

iklan1
iklan1