Terkait Bencana, Pemkot Manado Kembali Ingatkan Masyarakat

Kantor Walikota Manado...

Kantor Walikota Manado

MANADO – Mengatasi terjadinya bencana alam berupa banjir di Kota Manado, diakui bukanlah suatu pekerjaan mudah. Selain perlu koordinasi yang terintegrasi antar daerah dari hulu hingga hilir, juga diperlukan kesadaran yang tinggi dari masyarakat terkait kelestarian sungai.

Dr GS Vicky Lumentut, Wali Kota Manado meminta agar masyarakat meningkatkan kesadarannya terkait dengan tidak membuang sampah sembarangan di sungai. ”Saya meminta masyarakat Kota Manado agar jangan membuang sampah di sungai. Karena itu merupakan kebiasaan yang buruk, yang merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir,” tukas Wali Kota.

Lanjut dikatakan, Kota Manado yang letaknya dibagian hilir sangat rentan terhadap banjir, terutama mereka yang tinggal di bantaran sungai. Olehnya, masyarakat juga diimbau agar jangan menutup jalan air, yang berdampak pada terjadinya banjir.

”Jalan air jangan ditutup. Karena alam ini sudah ada sejak dulu, sudah ada mana yang jalan air dan mana yang menjadi tempat tinggal kita. Kalau jalan air ditutup atau diperkecil, maka air akan cari jalan lain dengan masuk ke pemukiman penduduk,” tutur Lumentut. (Amas Mahmud)

iklan1
iklan1