Atasi DBD Bukan Hanya Fogging, Lumentut Ajak Warga Lakukan Gerakan 3M

Pencanangan hari Anti DBD terus disosialisasikan Pemkot Manado (Foto Ist)

Pencanangan hari Anti DBD terus disosialisasikan Pemkot Manado (Foto Ist)

MANADO – Lebih baik mencegah daripada mengobati. Penyakit Demam Berdarah yang di akibatkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, tergolong penyakit yang sangat berbahaya dan bisa merengut nyawa manusia. Apalagi di Kota Manado dan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada umumnya, penyakit DBD ini telah mewabah di Kota Manado.

Bahkan telah ada yang meninggal, akibat penyakit yang disebabkan karena gigitan nyamuk Aedes Aegypti teserebut. Guna membasmi nyamuk Aedes Aegypti agar tidak berkembang biak, serta mencegah agar jangan ada lagi korban dari gigitan nyamuk tersebut dan menyebabkan penyakit DBD. Walikota Manado,DR,GS Vicky Lumentut (GSVL), mencanangkan Hari Anti Demam Berdarah, pada Kamis (29/1/2015) malam di Taman Berkat, Jalan Boulevard Manado. Pencanangan Hari Anti DBD itu pun terus disosialisasikan langsung oleh Walikota GSVL, saat dimana dirinya berada di tengah masyarakat Kota Manado.

“Mari kita jadikan pencanangan Anti DBD ini, dengan bersama-sama memerangi dan membasmi nyamuk penyebab penyakit DBD. Dengan gerakan,Menguras,Menutup dan Mengubur (3M), agar nyamuk penyebab DBD tudak bersarang dan berkembang biak,” himbau GSVL di setiap kali berada di tengah masyarakat.

GSVL sapaan akrab Walikota Manado ini, dengan gerakan 3M atau menguras dan menutup tempat penampungan air serta mengubur atau menimbun kaleng-kaleng, atau tempat-tempat yang bisa menampung air. Itu bisa membuat nyamuk penyebab DBD tidak dapat hidup dan berkembang biak, otomatis pencegahan terhadap bahaya dari gigitan nyamuk penyebab DBD dapat terhindarkan.

“Melakukan Penyemprotan saja (Fogging-red), tidak menjamin nyamuk penyebab DBD akan terbasmi. Untuk itu mari saya ajak warga manado, untuk perangi bersama-sama nyamuk penyebab DBD dengan melakukan gerakan 3M di rumah dan lingkungan tempat kita tinggal,” terang GSVL. (Amas Mahmud)

iklan1
iklan1