Wali Kota GSVL Berikan Kejutan Bagi Siswa Berprestasi

Uji Kompetensi (Foto ist)

Uji Kompetensi (Foto ist)

MENJADIKAN Manado menuju Kota Smart City kedepan, kini mulai ditabuh Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut. Visi itu tak lepas dari SDM (Sumber Daya Manusia), khusus di bidang pendidikan.

Tak heran, saat membuka ujian kompetensi di SMK Negeri 3 Manado dengan melibatkan 547 pelajar, senin lalu, GSVL, sapaan akrab wali kota ini mengajukan tantangan kepada siswa kelas III di 39 SMK se Kota Manado yang akan mengikuti Ujian Nasional (UNAS) April mendatang.

GSVL menawarkan liburan ke Singapura selama satu minggu bagi pelajar terbaik atau periah nilai tertinggi UNAS. Tak tanggung-tanggung, 4 pelajar sekaligus sesuai plus guru mata pelajaran akan diboyong ke negeri Singa dengan biaya Pemkot Manado. “Ada empat mata pelajaran di UNAS (Bahasa Indonesia, Inggris, Matematika dan IPA), jadi empat pelajar nilai tertinggi ujian saya tantang liburan ke Singapura,’’ tandas GSVL.

Suasana pelaksanaan Uji Kompetensi (Foto Ist)

Suasana pelaksanaan Uji Kompetensi (Foto Ist)

Untuk tingkat Sulut, pelajar dari 84 SMK yang ada, GSVL siap berikan kesempatan liburan ke Jepang. “Kalau nilai tertinggi UAS (Ujian Sekolah) pada Maret ini se Kota Manado, saya berikan kesempatan ke Jakarta,’’ kata GSVL disambut apluas 500-an pelajar yang mengikuti ujian Kompentensi dengan mata pelajaran Tata Boga, Kecantikan, Berbusana, Teknik Komputer dan jaringan perangkat lunak serta mata pelajaran Akomodasi Perhotelan.

Kepsek: Pak Wali Memang Peduli Pendidikan

Wali Kota GSVL saat bersama salah satu siswa (Foto Ist)

Wali Kota GSVL saat bersama salah satu siswa (Foto Ist)

TAK hanya itu, untuk menunjang SDM handal menuju Manado Kota Cerdas, GSVL juga telah menyediakan program Sekolah Terminal. Program ini diperuntukan kepada pelajar kelas III tahun depan yang memiliki tingkat kecerdasan lebih dari rata-rata. “Artinya pelajar itu sekali dijelaskan guru, langsung mengerti. Tidaj lagi dijelaskan berulang kali,’’ jelasnya. Nah, pelajar tersebut dari 39 sekolah se Kota Manado akan ditampung dan dibekali selama satu tahun. Kemudian disekolahkan ke Liverpool dan Jepang. “Kami sementara menjejaki kerjasama itu dengan dengan dua Negara maju tersebut. Teknisnya nanti koordinasi dengan Diknas Manado.’’ Pungkas GSVL.Kepsek smk3

Kepsek SMK Negeri 3 Manado, Jener Rengkungmerung menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota melalui program-program pro dunia pendidikan. “Pak Wali memang sangat peduli pendidikan. Sekarang kami sudah rasakan. Kebetulan ujian kompetensi ini tujuannya menguji keahlian yang dimiliki para siswa. Dalam ujian kompentensi ini kami bekerjasama dengan pihak swasta,’’ jelas Jener.(Lipsus)

 

iklan1
iklan1