Praksis Panggung Politik: Berkaca Dari Sang Aktor Adolf Hitler

Albert W Kusen (Foto Ist)

Drs Albert Kusen (Foto Ist)

SEJARAH Adolf Hitler, Pemain Sandiwara Ulung

Seorang ahli sejarah asal Hamburg menggambarkan Hitler sebagai seseorang yang pandai bersandiwara untuk menarik simpati pengikutnya.

Hitler berlatih secara khusus selama bertahun-tahun untuk memperkuat otot lengannya. Tujuannya agar dia bisa mengangkat tangan cukup lama untuk “Salam Hitler“ dalam parade-parade militer. Hal ini diungkapkan Volker Ullrich dalam buku barunya: Adolf Hitler. Die Jahre des Aufstiegs 1889-1939(Tahun-Tahun Kebangkitan 1889-1939). Menurut Ullrich, salah satu rahasia sukses Hitler meniti karir politik sampai ke puncak kekuasaan adalah kemampuannya untuk bersandiwara.

Pribadi Hitler sampai saat ini diliputi berbagai mitos dan legenda. Hitler sendiri selama hidupnya berusaha membangun berbagai mitos itu. Misalnya ia menceritakan masa kecil yang penuh kemiskinan. Tapi cerita itu tidak benar. Hitler berasal dari keluarga menengah.

Selama menjadi pemimpin Jerman, Hitler juga membangun citra kehidupan yang sederhana dan seadanya. Tapi ini juga tidak benar. Sebab ia senang memakai baju dan mobil-mobil mahal. Hitler juga mengeruk keuntungan besar dari penjualan bukunya “Mein Kampf“.

Seorang Demagog Ulung

Salah satu keberhasilan Hitler adalah membangun mitos bahwa dia tidak punya kehidupan pribadi dan hanya bekerja untuk melayani rakyat dan negara Jerman. Menurut Volker Ullrich, Hitler punya kehidupan pribadi yang sangat. (***)

Catatan : Drs Albert Kusen (Dosen fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsrat Manado)

iklan1
iklan1