Kongres Umat Islam Manado Bakal Wujudkan Kekuatan Pemersatu

Reiner Ointoe (Foto Ist)

Reiner Ointoe (Foto Ist)

MANADO – Kongres Umat Islam Kota Manado 2015 bakal digelar, hal tersebut sebagaimana disampaikan Syarif Darea, selaku Ketua Panitia pelaksana. Kamis (11/6/2015), saat diwawancarai Aif sapaan akrab Darea menjelaskan bahwa perlunya pelaksanaan Kongres Umat Islam dilakukan guna menyatukan kekuatan umat Islam di Manado dalam rangka prosesi Pilwako Manado.

”Kegiatan Kongres ini bukan seremonial ataupun bargaining posisi umat Islam Kota Manado dalam Pilwako 2015 kali ini, namun kami yang dipercayakan dalam tim 9 yang juga memiliki mandat untuk melakukan konsolidasi kepada umat Islam di Kota Manado guna memperkuat barisan dalam Pilwako Manado. Ini dimaksudkan dalam jangka waktu panjang dan melingkupi semua kepentingan umat Islam di Manado, agar tidak lagi tercerai-beraikan dalam menentukan pilihannya di Pilwako. Kekuatan umat Islam ini sangat penting, kami berencana bulan ini melakukan Kongres yang menghadirkan semua umat Islam di Manado,” ujar Aif yang juga mantan aktivis HMI Cabang Manado ini.

Sementara itu ditempat terpisah, Reiner Oitoe, Kordinator Forum Ukhuwa Peduli Umat (FUPU) Sulut yang juga anggota tim 9 menyebutkan apa saja yang akan menjadi sasaran dari Kongres Umat Islam Kota Manado tahun ini. Bang Ener sapaan akrab Budayawan Sulut itu menyampaikan beberapa hal strategis yang akan dilakukan tim 9 jelang Pilwako Manado.

”Ada 3 kriteria yang ditetapkan disini, diantaranya 1. Kongres ini akan membangkitkan pemahaman kepada umat Islam Manado agar lebih partisipatif dalam politik, umat Islam terakomodir. 2. Kongres Umat Islam Manado juga akan melakukan komunikasi pada semua umat Islam, baik pemuda masjid, Imam, tokoh2 masyarakat, ormas Islam, dan Parpol yang dipimpin Umat Islam. 3. Konsolidasi yang akan memperoleh komitmen, baik secara internal dan politik. Aspek penting lainnya adalah melakukan komunikasi, konsolidasi yang tentu akan melahirkan komitmen,” ucap Reiner.

Untuk diketahui juga, aspek yang menjadi target Kongres Umat Islam Kota Manado disampaikan Ointoe yaitu Aspek politik, Penguatan kapasitas ekonomi Umat, khususnya di sektor informal dan ekonomi. Kongres Umat Islam merupakan realisasi dari kesepakatan yang dilahirkan berdasarkan Rekomendasi MUI Sulut, FUPU, Tim 9 Kota Manado. Panitia Pelaksana, Aif Darea, Iswadi Amali, dan sementara itu, Sterring Commite, Reiner Ointoe, Idham Malewa, dan Masri Ikoni. (Amas Mahmud)

iklan1
iklan1