Pemkab Minahasa Turun Lapangan Lihat Langsung Danau Teganuma

Pemkab Minahasa saat berada di Jepang (Foto Ist)

Pemkab Minahasa saat berada di Jepang (Foto Ist)

TOKYO – Kunjungan kerja pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa yang dipimpin langsung Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi bersama Rektor Unsrat Prof Dr Ellen Kumaat dan rombongan ke NEGARA Jepang disamping meninjau Danau Teganuma juga meninjau Danau Ashinoko di wilayah Akone, pada Kamis (18/6/2015) kemarin.

Di Danau Teganuma, rombongan menyaksikan langsung kondisi danau ketika terjadi kerusakan dulu, yang sangat jauh dan tidak separah dengan yang terjadi di Danau Tondano saat ini. Di Danau ini, sesuai penjelasan dan visual yang ditayangkan oleh Mr Kousuke Yamada, masyarakat tidak bisa beraktifitas, karena air berminyak, ikan-ikan mati dan terdapat limbah yang banyak. Tetapi saat ini Danau tersebut sudah bersih dan tertata baik.

Kunjungan Bupati JWS dan Rektor Unsrat pada hari sebelumnya telah mendatangani Joint Deklaration dengan Presiden & CEO IDEA Consultants Inc Dr Eng Hideo Tabata dan menggelar Workshop. IDEA ini adalah konsultan yang sudah berpengalaman di bidang lingkungan laut dan danau di dunia. Menurut Bupati JWS, setelah Workshop langsung digelar pertemuan dengan hasil rapat memutuskan pada minggu pertama Tim IDEA konsultan akan melakukan survei ke Minahasa dengan menurunkan 4 orang ahli selama 1 minggu.

Kedatangan Tim bukan hanya melihat Danau Tondano, tetapi juga melakukan survei di 3 lokasi dan mengangkat 3 isue lingkungan yaitu Danau Tondano, Kumu sampai Arakan untuk melihat budidaya Ikan Duyung “dugong” dan wilayah pesisir pantai Kora kora hingga pantai Makalisung. Selama seminggu berada di Minahasa, kedatangan Tim ini tidak dibiayai oleh Pemkab Minahasa.

Tim Pemkab dan Akademisi Unsrat akan mendampingi tim IDEA ini selama 4 hari, dan hari ke-5 akan digelar Workshop dan Sosialisasi kepada masyarakat dan Hukum tua terkait dengan program ini. Hasil survei Tim IDEA di Minahasa akan di bahas di Jepang, dan digelar Workshop lanjutan pada Oktober 2015, selanjutnya jika semua berjalan dengan baik segera di lakukan MOU, urai Bupati JWS. (Amas Mahmud)

iklan1
iklan1