Sukses Gelar Dialog Pilkada Berintegritas, Karang Taruna Bitung Hadirkan KPK

Terlaksananya dialog bersama KPK (Foto Suluttoday.com)

Terlaksananya dialog bersama KPK (Foto Suluttoday.com)

BITUNG – Karang Taruna Kota Bitung bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia melaksanakan Dialog Pilkada Berintegritas. Dan yang menjadi narasumber dari KPK RI Alfi Rahcman Waluyo yang dimoderatori Melky Pangemanan dalam Dialog Pilkada Berintegritas, Rabu (19/8/2015).

Menurut Waluyo, jika kita mau merubah Bangsa termasuk Bitung maka yang harus di utamakan adalah membangun sistem berintegritas dan dimulai dari hal terkecil. Dan demokrasi yang sedang berlangsung dalam hal ini Pilkada seharusnya kita manfaatkan sebagai momentum demokrasi masyarakat dimana kekuasaan penuh berada di tangan masyarakat, kata Waluyo.

Lanjutnya Waluyo, demokrasi dipahami sebagai ruang untuk merubah sistem politik, ekonomi dan budaya kita agar apa yang menjadi kebutuhan masyarakat bisa terwujud hidup adil dan makmur. Jika sistem ini bisa kita rubah secara bertahap misalnya kampanye visi/misi, calonnya berintegritas serta mau merubah sistem yang tidak berpihak kepada masyarakat, dorong waluyo.

”Dalam Dialog tersebut berbagai masalah yang diungkapkan misalnya sistem pemilunya yang masih belum berubah, kos politiknya mahal, pada hal kos politik sudah ditanggung oleh negara serta mau tidak bakal calon secara bersama-sama mengedepankan Pilkada Bersih,” kata Linna Utiarahcman.

Menurut Waluyo, Pilkada saat ini seharus di dorong menjadi pesta masyarakat karena hakimnya nanti sehingga masyarakat harus cerdas.

”Pasangan calon walikota dan wakil walikota seharusnya penyelenggaranya pun berintegritas, mengutamakan visi/misi dan calonnya berintegritas, sehingga hasil pilkadanya pun berintegritas dan berkualitas serta media sebagai motivasi dalam menyampaikan pemberitaan yang benar,” tutup Waluyo. (Robby).

iklan1
iklan1