Ironis, KPU Bitung Lecehkan Panwas

Panwas Bitung saat diwawancarai wartawan (Foto Suluttoday.com)

Panwas Bitung saat diwawancarai wartawan (Foto Suluttoday.com)

BITUNG – Panitia Pengawas Pemilihan Kota Bitung menganggap bahwa Pleno Penetapan KPU Bitung yang dilakukan secara Tertutup telah melanggar Perbawaslu nomor 5 tahun 2015 tentang melakukan pengawasan terhadap Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur serta Walikota dan Wakil Walikota Bitung.

Hal ini diungkapkan oleh Komisioner Panitia Pengawas Pemilihan Divisi SDM dan Organisasi Zulkifli Densi dalam konferensi persnya di Media Center Panwas Kota Bitung mengatakan bahwa, Pleno Penetapan yang dilakukan oleh KPU Bitung secara tertutup adalah Temuan oleh Panwas Bitung serta tahapannya sudah harus diumumkan oleh KPU Bitung hari ini tanggal 24 Agustus 2015 namun apakah KPU Bitung mengundang Balon Tersebut atau tidak, Senin (24/8/2015).

Menurut Densi, Rapat Pleno Penetapan Balon memang telah diatur dalam PKPU nomor 9 tahun 2015 tentang pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Walikota dan Wakil Walikota dalam pemilihan serentak tanggal 9 Desember 2015. Namun dalam penetapan tersebut KPU Bitung telah melanggar Perbawaslu nomor 5 tahun 2015 pasal 18 hurup a menjelaskan bahwa penetapan Balon dilakukan secara terbuka dan bukan tertutup itu adalah Temuan Banwas Bitung.

Nantinya setelah KPU menetapkan Balon maka kami Panwas Bitung akan melakukan pemangilan terhadap KPU atas dasar apa KPU tidak melibatkan Panwas Bitung dalam penetapan Balon, sehingga nantinya akan dilihat apakah itu suatu pelanggaran atau tidak, kata Densi. Lanjut Densi, hasil pengawasan yang telah dilakukan di Kota Bitung akan dilaporkan ke Bawaslu Provinsi nanti Bawaslu Provinsi yang akan melaporkan ke Bawaslu Pusat. Jika hasil temuan tersebut menurut Bawaslu Pusat harus ditindaklanjuti atau tidak maka kami siap menjalankan perintah dari Bawaslu nanti. (Robby).

iklan1
iklan1