Rolling Pejabat Eselon III-IV Bitung Diwarnai Prahara

Edison Humiang (Foto Suluttoday.com)

Edison Humiang (Foto Suluttoday.com)

ITUNG, Suluttoday.com – Pemerintah Bitung dalam melaksanakan Rolling Pejabat Eselon III & IV, masih dalam persiapan melaksanakan rolling adu mulut antara wakil walikota M.J. Lomban dan Sekretaris Daerah Drs. Edison Humiang, M.Si telah terjadi samapi berakhir pada pemukulan terhadap Setda Bitung yang dilakukan oleh salah satu pendukung setia wakil walikota Bitung.

Kejadian ini tentu saja membuat para pejabat yang sudah hadir dilokasi tempat berlangsungnya rolling hentak, karena tanpa diduga tiba-tiba terjadi kejadian yang sangat memalukan yang seharusnya tidak perlu terjadi namun itulah realitanya yang telah dipertontonkan oleh pimpinan dan bawahan ditengah-tengah para pejabat yang ada, Kamis (17/9/2015).

Kejadian ini berawal dengan munculnya SK Walikota Bitung Hanny Sondakh tentang rolling pejabat eselon III & IV, yang ada dijajaran pemkot Bitung diamanatkan kepada Ketua Baperjakat Edison Humiang dan Kepala BKDD Bitung Yossy Kawengian agar melaksanakan perintah rolling pejabat dijajaran pemerintah Bitung.

Menurut wakil walikota Bitung M.J. Lomban, bahwa SK Walikota Bitung tentang rolling pejabat tidak sah dan cacat hukum, sebab dalam jangka waktu 6 bulan kedepan pemerintah tidak bisa melaksanakan rolling pejabat karena berkaitan dengan Pilwako Bitung. Dan saya hingga saat ini masih sebagai wakil walikota Bitung yang sah dan walaupun ada kaitannya dengan status saya sebagai calon walikota Bitung, bukan berarti saya tidak memiliki kewenangan tentang hal ini.

Ingat saya masih menjabat sebagai wakil walikota Bitung dan belum mengambil cuti untuk kampanye, apa lagi walikota Bitung Hanny Sondakh tidak berada ditempat dan keluar berobat. Sehingga tugas dan wewenang secara tidak langsung itu berada sama saya sebagai pelaksana pemerintahan di Bitung, dan bukan dengan cara seperti ini sehingga saya menganggap ada tendensi politik tertentu dibalik lahirnya SK walikota Bitung dan sarang dengan kepentingan.

Sementara itu Sekretaris Daerah Drs. Edison Humiang, M.Si, dengan tegas bahwa saya sebagai Baperjakat Bitung diperintahkan oleh walikota untuk melaksanakan rolling dan itu hal biasa dalam pemerintahan.

”Rolling akan tetap dilaksanakan namun tempatnya berubah yang awalnya di BPU dialihkan dikantor BKDD Bitung, dan pejabat yang kena rolling hanya eselon III & IV untuk mengisi jabatan yang kosong bahkan ada hanya bertukaran tempat. Disinggung soalnya pemukulan terhadap dirinya, saya baru selesai melaporkan kejadian ini di Polsek Maesa agar pelakunya diproses secara hukum dan semuanya proses hukum yang nantinya bertindak dan kita lihat kedepannya seperti apa,” ujar Humiang. (Robby).

iklan1
iklan1