DPRD Bitung Terima Kuker DPRD Gorontalo Tentang Perda Beralkohol

Foto kunjungan DPRD Provinsi Gorontalo di Bitung (Foto Suluttoday.com)

Foto kunjungan DPRD Provinsi Gorontalo di Bitung (Foto Suluttoday.com)

BITUNG, Suluttoday.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bitung, menerima kunjungan kerja DPRD Provinsi Gorontalo. Rombongan tersebut beranggotakan sekitar 20 orang yang dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi DR. Paris Yusuf dan Ketua Pansus Beralkohol Ir. Awaludin Aweni.

Rombongan tersebut diterima oleh anggota DPRD Bitung Habrianto Ahmad, dan dalam pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Dinas Perizinan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, bertempat dikantor DPRD, Kamis (19/11/2015).

Dalam penyampaian Ahmad, mengatakan bahwa terima kasih telah memilih Bitung sebagai kunjungan kerja. Dan menyangkut penerapan perda beralkohol, akan dijelaskan dari instansi pemerintah yang saat ini juga telah bersama-sama dengan kita dalam pertemuan tersebut.

Menurut Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Paris Yusuf mengatakan bahwa kami saat ini sedang menggodok peraturan daerah tentang peredaran, pengendalian, pengawasan minuman beralkohol. Sehingga kami memilih Bitung sebagai tempat kunjungan kerja kami untuk mengsingkronisasikan seperti apa penerapan perda beralkohol di Bitung, guna melengkapi ramperda yang sementara dibahas di DPRD Prov. Gorontalo.

Penjelasan dari Dinas perizinan pelayanan izin satu atap mengatakan bahwa, pemerintah dalam setiap mengeluarkan izin sesuai dengan peraturan menteri perdagangan nomor 06/M-DAG/PER/1/2015 dan peraturan daerah nomor 6 tahun 2011. Dalam mengeluarkan izin kepada pengusaha, kami hanya mengeluarkan izin tempat usaha dan rata-rata izin usaha yang kami keluarkan itu hanya berlaku setiap satu tahunan.

Rata-rata yang izin yang dikeluarkan oleh pemerintah itu hanya izin tempat usahanya, dan bukan izin mengenai jenis barang yang dikelolanya. Sebab sudah ada kriteria izin klasifikasi penjualan minuman beralkohol, mulai dari golongan A-C itu sudah diatur sehingga tinggal bagaimana dari pemerintah untuk mengatasi peredaran minuman beralkohol karena sudah ada aturannya. (Robby).

iklan1
iklan1