Mokoginta Sambut Kedatangan Gubernur di Purworejo

Pj. Gubernur Sulut3-edit

Penjabat Gubernur Sulut, DR. Soni Sumarsono, MDM didampingi Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Timur Muhammad Rudi Mokoginta pada saat melakukan kunjungan temu kangen di Desa Purworejo Boltim, Sabtu 21/11/2015 (Insert/Suluttoday.com)

BOLTIM, Suluttoday.com – Penjabat Gubernur Sulawesi Utara, DR. Soni Sumarsono, MDM, bersama rombongan jajaran Pemerintah Propinsi Sulut, Sabtu (21/11/2015) berkunjung ke Desa Purworejo Kecamatan Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), guna memenuhi undangan kegiatan Temu Kangen bersama Komunitas warga Etnis Jawa di Desa tersebut.

Dalam kunjungan ini, kedatangan Gubernur disambut langsung oleh Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Timur Muhammad Rudi Mokoginta bersama masyarakat setempat.

Pada acara tersebut, berbagai pertunjukan mulai dari tarian dan lainnya bernuansa Jawa, ditampilkan di hadapan Gubernur, pada kegiatan tersebut dilangsungkan di alun-alun lapangan Arjuna Desa Purworejo.

Gubernur dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangganya terhadap warga Desa Purworejo. Betapa tidak, Desa yang penduduknya mayoritas Jawa ini, sebagian besar hidup dengan hasil pertanian dan perkebunan yang bisa membuat masyarakat di Desa tersebut berkembang dan maju secara mandiri.

“Saya bangga dengan masyarakat disini (Purworejo), karena mampu beradaptasi dengan budaya dan tradisi di Bolaang Mongondow, tanpa mengabaikan budaya jawa yang turun temurun terus dilestarikan,” kata Gubernur dengan bahasa Jawa.

Sementara, Bupati Bolaang Mongondow Timur, juga memberi apresiasi terhadap suku Jawa yang ada di Desa Purworejo. Menurut Bupati, kehadiran Desa Purworejo di Bolaang Mongondow Timur, menambah keberagaman adat istiadat dan budaya di Boltim.

“Meski dengan keanekaragaman seni, budaya dan adat istiadat di Bolaang Mongondow Timur, namun warga Boltim umumnya harus tetap menjaga rasa persatuan, kekeluargaan dan kerukunan antar warga. Dengan mengusung Moto Bolaang Mongondow yakni Mototompiaan, Mototabian bo Mototanoban,” terang Bupati. (Rahman)

iklan1
iklan1