Aliansi Masyarakat Adat Bantik Sulut Dukung GSVL di Pilwako

GSVL, Denny Sege dan Maichel Kolonio (Foto Ist)

GSVL, Denny Sege dan Michael Fernando Kolonio (Foto Ist)

MANADO – Sepertinya tidak pernah berhenti, dukungan terhadap pasangan calon Wali Kota Manado, DR GS Vicky Lumentut-Mor D Bastiaan diberikan masyarakat. Kali ini, Ketua Aliansi Masyarakat Adat Bantik (AMAB) Sulawesi Utara (Sulut), Drs Denny Sege yang juga mantan anggota Dewan, menyatakan dukungan penuh kepada GSVL-Mor dalam Pilwako Manado.

Sege mengatakan sudah dua pasangan calon (Paslon) untuk meminta dukungan mereka, tapi dirinya belum memberikan sikap. Hanya Paslon Nomor Urut 3 saja yang menurutnya sangat tepat diberikan dukungan.

”Sudah sejak lama komitmen Pak Vicky Lumentut untuk memperhatikan dan bahkan mau mengembangkan, melestarikan budaya adat Bantik. Itu terlihat dalam keikutsertaan beliau dalam semua kegiatan yang kami lakukan, memang sudah 2 kandidat pasangan calon Wali Kota Manado yang dating meminta dukungan, tapi kami tidak mau memberikan dukungan selain kepada Bapak GS Vicky Lumentut dan Mor D Bastiaan,” tutur Denny yang juga politisi senior partai Golkar ini.

Tidak hanya itu, lanjut Denny menyampaikan pihaknya sedang melakukan gerakan politik 33, yakni mendukung Gubernur Nomor Urut 3, Benny-David dan Palon Wali Kota Manado Nomor Urut 3, GSVL-Mor yang telah banyak berbuat pada masyarakat Bantik. Dirinya mengakui sejak 2011, dimana GSVL diundang dan langsung menghadiri acara Festival Adat Bantik di Lapangan Bantik Malalayang.

”Kami juga berkomitmen mendukung Nomor Urut 3 di Pilgub Sulut dan Nomor Urut 3 di Pilwako Manado. Pak GSVL saat itu langsung mengatakan akan mendukung sepenuhnya kegiatan Festival Adat Bantik dan akan ikut melestarikan budaya Bantik dengan memasukkan iven Festival Budaya Bantik menjadi agenda tahunan yang resmi ditetapkan Pemkot Manado,” ujar Sege.

Ditambahkannya lagi bahwa pemeliharaan situs-situs budaya Bantik yang didukung pemerintah merupakan wujud dari komitmen pemerintah Kota Manado yang menghargai kearifan lokal di Manado. Denny juga berharap GSVL-Mor jika terpilih nanti terus mengembangkan komitmennya menjaga nilai-nilai budaya Bantik.

Berlangsungnya pertemuan di rumah Denny Sege (Foto Ist)

Berlangsungnya pertemuan di rumah Denny Sege (Foto Ist)

”Calon yang mengusung slogan Manado Cerdas, akan menang karena jelas telah melakukan kerja pada masyarakat. Kami berharap apabila terpilih lagi, Pak GSVL terus melanjutkan mendukung kegiatan-kegiatan budaya, terlebih budaya Bantik yang merupakan bagian dari budaya di Kota Manado, seperti yang menyebar di Malalayang, Singkil, Bailang, Molas, Meras, Buha dan Bengkol, yang terbagi di 11 Kelurahan se-Kota Manado,” kata Denny menutup.

Untuk diketahui, oertemuan yang dilaksanakan Senin (30/11/2015), dirumah Denny Sege di Malalayang Satu, Kecamatan Malalayang ini dihadiri selain GSVL bersama istri tercinta, Prof Paula Runtuwene, juga ada Noortje Van Bonne, ketua DPRD Manado, Michael Fernando Kolonio, anggota DPRD Manado serta sejumlah tokoh masyarakat adat Bantik lainnya. (Amas)

iklan1
iklan1