Wah, PPK se-Kota Manado Bakal Dirombak Lagi

Dr Ferry Liando (Foto Suluttoday.com)

Dr Ferry Liando (Foto Suluttoday.com)

MANADO – Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kota Manadom tercatat Desember 2015, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Manado akhir berakhir. Hal itu, seperti yang disampaikan salah satu anggota PPK Bunaken kepada Suluttoday.com, menanggapi adanya penundaan Pilwako Manado dan skanario yang dimainkan kelompok tertentu, dirinya mengaku khawatir karena PPK akan juga dikocok ulang.

”Berdasarkan SK, PPK se-Kota Manado tugasnya berakhir Desember 2015 ini. Ada yang sengaja melakukan penundaan supaya mereka mengganti semua PPK, dan darisinilah mereka memenangkan Pilwako Manado, sepertinya akan ada sekelsi ulang anggota PPK, kami tau ada parpol tertentu yang memainkan agar penundaan Pilwako terji,” ujar sumber anggota PPK tersebut yang meminta namanya tak disebutkan.

Sementara itu, menurut DR Ferry Liando pengamat politik dan pemerintahan menyebutkan jika telah tiba batas waktu tugas dari PPK maka wajib dilakukan rekrutmen ulang anggota PPK baru, atau bisa saja ada kebijakan KPU dalam rangka mensiasasi terjadinya kondisi kekosongan PPK nantinya.

”Berdasarkan pengalaman seluruh PPK ditentukan berdasarkan momentum politik, kalau di Manado bila PPK sudah berakhir masa jabatannya di bulan Desember 2015, maka KPU harus melakukan rekrutmen ulang. KPU bisa mengambil solusi apakah diperpanjang masa jabatan PPK di Manado atau seperti apa, dan bila diperlukan dengan cara itu, silahkan menjadi kewenangan KPU untuk menentukan ini,” kata Liando menutup. (Amas)

iklan1
iklan1