Bakal Ada Reshuffle, PAN Dapat Jatah Dua Menteri?

Zulkifli Hasan (Foto Ist)

Zulkifli Hasan, Ketum DPP PAN (Foto Ist)

JAKARTA – Kabar adanya ‘perombakan’ Kabinet Kerja yang dipimpin Joko Widodo-Jusuf Kalla, mencuat lagi. Kali ini Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Aziz Subekti melempar isu reshuffle di Kabinet Kerja. Dia mengklaim partainya akan mendapat dua jatah kursi menteri yaitu Menteri Perhubungan serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Seperti diketahui, Menteri LHK saat ini diisi kader NasDem yaitu Siti Nurbaya Bakar. Apa tanggapan elite NasDem terkait isu reshuffle yang dihembuskan PAN?

“Reshuffle kabinet sepenuhnya menjadi kewenangan presiden, sesuai hak prerogatif. Kita serahkan sepenuhnya penilaian kabinet kepada presiden,” ujar Ketua DPP NasDem Johnny G Plate saat dikonfirmasi, Kamis (24/12/2015), malam.

Dia menambahkan dalam urusan reshuffle, tentunya diharapkan Presiden Joko Widodo bisa bekerja sama dan disesuaikan dengan porto folio kabinet yang ingin diperkuat.

“Siapa saja yang akan dipilih presiden dari komponen mana pun termasuk PAN, jika presiden berkenan bisa bekerja sama untuk membangun bangsa dan negara,” tutur wakil ketua Fraksi NasDem itu.

Terkait isu kader PAN masuk ke dalam kabinet, Johnny menanggapi santai. Sebagai parpol pendukung pemerintah, NasDem ikut bertanggung jawab terhadap kesuksesan pemerintah.

“Kesuksesan kabinet menjadi kesuksesan NasDem namun tantangan kabinet menjadi tanggung jawab NasDem juga sebagai koalisi pendukung pemerintah,” sebutnya. (Detik.com/Adi)

iklan1
iklan1