Pemprov Sulut Dukung Prof Lafran Pane jadi Pahlawan Nasional

Berlangsungnya Seminar Nasional (Foto Suluttoday.com)

Berlangsungnya Seminar Nasional (Foto Suluttoday.com)

MANADO – Arus dukungan terhadap tokoh Nasional, (Alm) Prof Lafran Pane, pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) untuk diusulkan sebagai Pahlawan Nasional terus mencuat. Hal ini juga bisa terlihat dalam Seminar Nasional yang dilaksanakan, Presidium KAHMI Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (29/1/2016) siang tadi, dimana pemerintah Provinsi Sulut juga memberikan dukungannya.

Melalui Pejabat Gubernur Sulut, Dr Soni Sumarsono melalui pemaparan materi menyampaikan dukungan terhadap sosok Lafran Pane yang disebutnya sebagai tokoh yang memiliki gagasan brilian, namun sederhana. Sumarsono yang juga mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) itu mengakui ikut bersentuhan langsung dengan ide dan pemikiran-pemikiran brilian dari Lafran Pane.

”Berbagai literatur serta terobosan riil dilakukan sosok Prof Lafran Pane seperti yang kita baca beliau begitu idealis, beliau ini kita kenal sebagai pendiri HMI. Dari rekam jejak, melalui konsep yang beliau wariskan membawa kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia ini, kami pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan dukungan atas hal ini karena sangat layak Prof Lafran Pane menjadi Pahlawan Nasional,” ucap Sumarsono.

Senior GMNI inipun memastikan dukungannya tersebut dengan mengatakan akan siap memberikan tandatangan dukungan. Sumarsono yang juga Dirjen Otda itu menilai semua komponen rakyat Indonesia akan memberikan dukungan atas insiatif HMI serta KAHMI ini.

”Bila saat ini atau setelah  Seminar saya disuruh menandatangani dukungan, pasti saya tandatangani segera, patut beliau ini menjadi Pahlawan Nasional sebab beliau menjadi sumber inspirasi, menjadi teladan dan panutan bagi kita semua,” ujar Sumarsono tegas yang disambut tepukan tangan meriah ratusan peserta Seminar Nasional yang digelar di kantor Rektorat Unsrat Manado ini. (Amas)

iklan1
iklan1