Tingkatkan Produktivitas Perkebunan, Eyang Tinjau Lahan Warga

Kantor Bupati Boltim1

Kantor Bupati Boltim (doc.Rahman/Suluttoday.com)

BOLTIM, Suluttoday.com – Guna meningkatkan kwalitas dan hasil produksi sektor pertanian dan perkebunan yang lebih efektiv, merupakan bagian dari program pembangunan Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Bupati Sehan Landjar, SH melakukan peninjauan langsung ke area perkebunan di Kecamatan Modayag tepatnya Desa Purworejo.

Peninjauan ini merupakan bagian dari laporan masyarakat setempat, terkait pembuatan embung air atau bak penampungan cadangan air guna mengairi seluruh wilayah perkebunan tersebut.

Pembuatan embung ini, diketahui merupakan program Pemerintah Propinsi melalui Dinas PU Provinsi, dan diberikan swakelola kepada kelompok tani di desa tersebut. Hasilnya, pekerjaan pembangunan embung terkesan asal jadi karena tidak didampingi oleh konsultan.

Bupati memberi teguran keras atas hasil pekerjaan tersebut. Pasalnya, setelah ditelusuri saluran irigasi yang ada hanya saluran tersier. Begitupun dengan lantai embung yang tidak dilapisi lantai. Sehingga air yang ditampung meresap kedalam tanah dan kering dengan sendirinya.

“Saya meminta kepada Dinas Pertanian, untuk segera melakukan perbaikan di saluran irigasi tersebut maupun embung yang baru saja dibangun. Terutama adalah pembuatan saluran irigasi tersier dan sekunder guna mengatur arus atau debit air yang masuk ke setiap areal perkebunan jika nanti terjadi perubahan cuaca.” Ujar Bupati kepada Kadis Pertanian dan Peternakan yang saat itu juga berada di lokasi. (Rahman)

iklan1
iklan1