Desa Nyaris di Telan Ombak Laut, Warga Minta Perhatian Pemkab Minsel

Kondisi pantai (Foto Suluttoday.com)

Kondisi pantai di Desa Ongkaw (Foto Suluttoday.com)

AMURANG – Mirisnya keadaan Desa Ongkaw 3, lewat tinjauan langsung oleh sejumlah awak media. Tepatnya di ongkaw ongkaw 3 jaga 2 dan 3. Sedikitnya ada 150 rumah yang terancam di singgahi air laut ketika musim angin barat datang.

Kepada Suluttoday.com kepala desa ongkaw 3 Ahmad Numbela M.Si mengatakan jika tidak segera di tangani maka sedikitnya 10 rumah akan dimakan air laut dalam beberapa waktu dekat ini.

“Di jaga 2 dan 3, ada 10 rumah kalo musim penghujan datang, nyaris akan tumbang,” ucap Numbela.

Lanjut dikatakan beliau, “dampak lainnya dirasakan oleh 150 rumah yang ada di wilayah terkait, jika datang musim angin barat, atau curah hujan yang tinggi masyarakat kami segera bersiap, untuk pergi mengungsi di rumah keluarga yang ada di Wilayah desa tetangga, ” jelas Numbela.

Diharapkan beliau, kiranya ada tanggapan dan perhatian khusus dari pemerintah kabupaten minahasa selatan (minsel) dalam hal ini dinas dan instansi terkait, dengan keadaan desa yang teralami. Dalam hal ini untuk pembuatan tanggul penahan ombak, sepanjang wilayah yang terancam hilang di telan hantaman ombak laut.

“Meski sudah dimasukan dalam musyawarah desa beberapa tahun yang lalu, belum ada tanggapan dari pemkab minsel, namun kami tetap berharap akan adanya respon positif dari atasan dan pemerintah kami,” harap Numbela menutup. (Angel)

iklan1
iklan1