Wali Kota Tugaskan Wawali Mor Tangani Koordinasi Perijinan

Wakil Wali Kota Manado, Mor D Bastiaan saat menyampaikan sambutan (Foto Ist)

Wakil Wali Kota Manado, Mor D Bastiaan saat menyampaikan sambutan (Foto Ist)

MANADO – Berpengalaman memimpin pemerintahan dan organisasi para walikota se Indonesia, membuat Wali Kota Manado, G.S. Vicky Lumentut sejak awal masa kepemimpinannya mengimplementasi distribusi tugas antara kepala daerah dan wakil kepala daerah sebagaimana diatur dalam perundang-undangan tentang pemerintahan Daerah.

Dalam kesempatan meresmikan pembukaan RakorEv Baseline Kepemimpinan, Kamis (12/5/2016) di Aula Kantor Wali Kota Manado, Walikota GS Vicky Lumentut memberikan kesempatan kepada Wakil Wali Kota (Wawali) Manado, Mor D. Bastiaan untuk menyampaikan beberapa hal penting terkait distribusi tugas dan tanggung jawab.

”Selamat pagi menjelang siang. Yang saya hormati, Wali Kota Manado, Bapak GS Vicky Lumentut, Ibu Ketua TP PKK, Ibu Paula Lumentut Runtuwene, Wakil KEtua TP PKK yang saya kasihi, Ibu Imelda Markus, para pejabat sekalian yang hadir pada saat ini, Pak Sekda tadi bersama saya di Provinsi dan masih terus mengikuti acara, karena rencana MenPAN RB akan berkunjung ke beberapa tempat, termasuk Puskesmas di Kota Manado. Para Asisten, Kepala Dinas, Kepala Badan, dan seluruh hadirin,” ujar Mor sapaan akrab Wawali Bastiaan dalam sambutannya.

Ditambahkan Mor menyinggung soal keberadaan dirinya yang perlu terus melakukan adaptasi, meski begitu Mor juga memiliki segudang pengalaman sejak menjadi Wakil Ketua DPRD Manado.

”Mungkin banyak yang sudah tahu saya. Kemarin, kemarin dulu, atau pada waktu sertijab di sini, sudah disampaikan oleh Pak Wali Kota, saya adalah orang baru di Pemkot Manado, tetapi stok lama dari DPRD Kota Manado. Jadi mungkin beberapa pejabat sudah saling pernah tahu, kita pernah saling kerjasama di DPRD Kota Manado, mungkin ada juga yang belum, tetapi saat ini saya merasa berterima kasih dan bangga. Kalau 10 tahun saya bekerja di legislative, sekarang saya di eksekutif,” papar Mor.

Diurainya terkait banyak hal yang belum dipahami secara teknis. Dilanjutkannya demi memenuhi target  realisasi program di tahun mendatang, dimintanya agar semua pimpinan SKPD dapat bersinergi dalam tugas.

”Maksud dari pak Wali Kota kita agar sekaligus diperkenalkan kepada saya, seperti tadi sudah diuraikan setiap SKPD akan memaparkan tupoksi masing-masing, kemudian capaian dan target ke depan. Agar apa yang kami targetkan tahun ini dapat dicapai. Pada saat pemaparan MenPAN RB, Presiden ingin saat ini bagaimana sasaran pembangunan nasional supaya birokrasinya bersih dan akuntabel. Kemudian efektif dan efisien, memiliki layanan public yang berkualitas. Oleh karena itu sebelum dilantik, kami bukan diam, tetapi banyak berdiskusi agar ketika dilantik sudah siap bekerja. Yang menjadi perhatian kami adalah layanan public, karena paling banyak dikeluhkan. Sudah disampaikan pak Walikota, saya diberi tugas khusus menangani perijinan. Saya dengan segenap hati akan melaksanakan tugas ini. Bagi pihak terkait, mari kita bekerja sama untuk peningaktan kualitas. (**/Amas)

iklan1
iklan1