Boltim Mulai Diguyur Hujan, Jalan Kotabunan Rawan Longsor

Boltim-mulai diguyur hujan-edit

Nampak longsor bebatuan yang menutupi separuh jalan trans Kotabunan selatan Boltim (Rahman/Suluttoday.com)

BOLTIM, Suluttoday.com – Dimusim penghujan area jalan tegulu Desa Kotabunan Selatan sangat rawan terhadap longsor. Pasalnya, tepat di area ini terdapat tebing yang mendulang tinggi.

Olehnya, Camat Kotabunan Ikhlas Pasambuna menghimbau kepada Pengguna jalan antara Desa Kotabunan dan Desa Paret agar berhati-hati bila melintasi jalan tersebut.

“Pengguna jalan supaya berhati-hati saat melintasi titik longsor, apa lagi di saat hujan turun agar mengurangi  kecepatan kendaraan.” Himbau Pasambuna pada Rabu, (25/05/2016).

Menurut dia, hujan deras yang mulai mengguyur Boltim dua pekan ini sangat mengakibatkan beberapa titik jalan menjadi longsor. Seperti jalan menujuh tanjung kotabunan. sepanjang 20 meter terjadi longsor dimana batu-batu besar dari atas tebing gunung menutupi badan jalan. Beruntung kejadian ini tak menimpa pengguna jalan.

“Untuk mengantisipasi longsoran ini tidak menimpa pengendara, baik motor ataupun mobil maka pengendaranya supaya berhati-hati karena jalan trans Kotabunan masih rawan longsor.” Harap Pasambuna.

Lanjut Pasambuna, bahkan tanpa hujan turun tebing ini sering longsor, apa lagi di saat musin hujan lebih berbahaya.

“Akibat terlalu mendulang tinggi, dan situasi tanahnya yang sangat labil. beruntung di dekatnya tidak ada rumah-rumah warga.” Bebernya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Boltim, Julius Pelealu juga menghimbau di musim penghujan ini agar warga Boltim tetap siaga dan waspada.

“Meski himbauan ini berulang-ulang. Tapi harus kami sampaikan demi untuk kebaikan kita bersama.” Ingat Pelealu. (Rahman)

iklan1
iklan1