Dampingi Gubernur Olly, Wali Kota GSVL Melepas Peserta Gerak Jalan

Wali Kota GSVL saat melepas peserta krak jalan di Lapangan KONI Manado (Foto Ist)

Wali Kota GSVL saat melepas peserta krak jalan di Lapangan KONI Manado (Foto Ist)

MANADO – Melakukan sinergi dengan pemerintah Provinsi dan KNPI Sulut, Rabu (1/6/2016), dalam rangka hari lahir Pancasila, Wali Kota Manado, Dr GS Vicky Lumentut mengikuti upacara bersama Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, SH di lapangan KONI Sario Manado.

Melalui momentum 71 tahun Hari Lahir Pancasila ini, Wali Kota yang akrab disapa GSVL ini akrab dengan Gubernur Olly. Di Manado, peringatannya dilakukan dengan upacara yang dilakukan di Lapangan KONI Sario, sore kemarin. Pada kesempatan Gubernur Sulut menjadi inspektur upacara, dihadiri juga Wakil Gubernur Sulut. Di penghujung acara dilanjutkan dengan Wali Kota GSVL) melepas peserta gerak jalan yang diikuti ribuan pelajar se-Provinsi Sulut.

GSVL mengatakan, Pancasila sebagai paradigma pembangunan berarti kegiatan atau usaha terencana bangsa Indonesia yang terus-menerus dan berkesinambungan untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik berdasarkan kerangka berpikir Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup. Pancasila adalah dasar dan ideologi negara Indonesia yang harus diketahui generasi penerus bangsa. Untuk itu wajib bagi kita untuk melestarikan dan membumikan Pancasila itu.

Untuk diketahui, Kelahiran Pancasila 1 Juni dikaitkan dengan pidato Sukarno dalam sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945. Dalam perkembangannya, materi pidato itu kemudian menghasilkan Piagam Jakarta pada 22 Juni 1945 dan kemudian disepakati sebagai dasar negara dalam rumusan final tanggal 18 Agustus 1945.

Untuk itu, sejak kemarin, Presiden Jokowi resmi menetapkan Hari Lahir Pancasila sebagai hari libur nasional sebagaimana dituangkan dalam Keppres Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang ditandatangani 1 Juni 2016. Hari libur nasional ini akan mulai berlaku tahun 2017 mendatang.

“Dengan keputusan Presiden, tanggal 1 Juni ditetapkan, diliburkan dan diperingati sebagai hari lahir Pancasila,” kata Presiden saat peringatan Hari Lahir Pancasila di Bandung. (*/Amas)

iklan1
iklan1