Pertama di Boltim, Pemkab Lelang 7 Jabatan Eselon II

Boltim-sekda-lelang-jabatan-edit

Ir. Muhammad Assagaf, Sekda Boltim (Foto: Ist)

BOLTIM, Suluttoday.com – Guna mengantisipasi jabatan pelaksana tugas (Plt) yang berlarut-larut di suatu instansi, oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) berencana akan menggelar lelang jabatan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Ir M Assagaf mengungkapkan Pemerintah Daerah (Pemda) Boltim berencana akan melakukan seleksi terbuka tujuh jabatan eselon II, pada bulan Juni ini.

Menurutnya, pihaknya telah berkonsultasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta pada pekan lalu. Hal ini terkait lelang terbuka jabatan eselon II yang pertama kali akan diselenggarakan pemda Boltim.

“Kita sudah konsultasi ke KASN pekan lalu. Prinsipnya mereka akan merekomendasikan, kita membuka lelang jabatan.” Ujarnya.

KASN meminta agar untuk eselon III yang ikut seleksi tak dibatasi, hanya eselon III B. Tapi semua eselon III yang sudah memenuhi kepangkatan yakni IV A keatas.

“Mereka minta dilaksanakan bertahap setelah dilakukan pengkajian kinerja. Apakah layak dimana, setelah itu kita buka. Sehingga apa bila yang mendaftar kita arahkan (sesuai kemampuannya).” Tegasnya.

KASN menjanjikan akan mengirimkan rekomendasi untuk memperbolehkan lelangjabatan selambatnya Kamis ini.

“Setelah keluar rekomendasi kita langsung rapat panitia seleksi. Sesuai laporan ke Bupati, pertengahan puasa (Juni) kita umumkan.” terangnya.

Rencana pemda akan melelang tujuh jabatan eselon II yang lowong yang hanya dijabat pelaksana tugas sesuai saran KASN.

“Mereka minta satu jabatan, minimal lima peserta karena tiga yang akan diajukan ke Bupati. Jika tidak, sebaiknya jangan. Sebab kalau hanya tiga, apa yang dinilai.” Bebernya.

Pemda nantinya akan membentuk lima anggota panitia seleksi ditambah dua asesor dari Universitas Negeri Manado.

“Anggaran untuk lelang jabatan yang disiapkan cukup, hampir Rp 300 juta.” Kata Assagaf.

Dia pun mempersilahkan PNS yang memenuhi syarat untuk mempersiapkan diri mengikuti lelang terbuka tersebut.

“Silakan saja yang memenuhi syarat, ikut seleksi. Peserta nanti akan diminta menulis karya ilmiah.” Jelasnya.

Data yang dihimpun terdapat tujuh posisi yang bakal dilelang yakni Kepala Dinas ESDM, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Sekretaris DPRD Boltim dan Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Namun jumlah ini akan bertambah jika Bupati Sehan Landjar menghendaki wajah baru untuk duduk di posisi eselon dua pasca Pilkada silam. (Rahman)

iklan1
iklan1