KNPI Sulut dan Badko HMI SulutGo Gelar Bukber Sekaligus Dialog Pemuda

Jackson Kumaat memberikan tanggapan dalam Dialog (Foto Suluttoday.com)

Jackson Kumaat memberikan tanggapan dalam Dialog (Foto Suluttoday.com)

MANADO – Mempererat hubungan antar pengurus DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Utara (Sulut), pengurus Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sulawesi Utara-Gorontalo (SulutGo), bersama seluruh OKP yang berada dibawa naungan KNPI Sulut, maka Jackson Kumaat, SE,SH selaku Ketua Umum DPD KNPI Sulut menggelar Buka Puasa Bersama (Bukber) sekaligus Dialog Pemuda yang sukses dilaksanakan, Rabu (29/6/2016) kemarin.

Kegiatan yang dilaksanakan di Sekretariat KNPI Sulut, kawasan KONI Sario Kota Manado ini menghadirkan Reiner Omyet Ointoe, budayawan Sulut selaku Narasumber. Dalam pemaparannya Reiner mengakui bahwa pentingnya KNPI terus mewujudkan program-program yang progresif dan substantif, yang bertujuan mengembangkan potensi pemuda Sulut.

”Pentingnya Dialog Pemuda semacam ini dilakukan, agar rotasi kepengurusan atau tahapan kaderisasi pemuda di Sulut benar-benar berjalan dengan baik, melahirkan kualitas unggulan. Saya mengapresiasi, Ketua KNPI Sulut kali ini yakni Bung Jacko memiliki komitmen tinggi terhadap kemajuan, dan kemandirian pemuda Sulut dalam bekerja, mari kita terus gelendingkan tradisi positif melalui kompetisi gagasan seperti ini,” ujar Reiner.

Lanjut disampaikannya soal relasi tema ”Spiritualitas Kepemudaan di Alaf Kedangkalan Ipoleksosbud” yang didiskusikan tersebut dengan perkembangan KNPI Sulut saat ini, dan proyeksinya kedepan. Bagi Reiner ada dua hal penting yang terkandung di dalam inti tema yang dibahas tersebut, yakni tentang cinta dan kepeloporan pemuda.

”Tema ini cukup universal bila dielaborasi, namun bagi saya esensi tema adalah membicarakan soal yang disampaikan juga Bung Jacko dan Bung Heard Runtuwene tadi, yaitu spiritualitas kepemudaan menyinggung tentang jalan cinta dan kepeloporan, ini poin pentingnya. Tentu, menyangkut dengan target kedepan KNPI melakukan gerakan 1.000 buku, baik menerbitkan buku, atau membaca 1.000 buku, patut didorong,” ucap Reiner.

Foto bersama Jackson Kumaat, narasumber, Ketua Badko HMI dan pengurus KNPI Sulut (Foto Suluttoday.com)

Foto bersama Jackson Kumaat, narasumber, Ketua Badko HMI dan pengurus KNPI Sulut (Foto Suluttoday.com)

Ditempat yang sama, Jackson Kumaat dalam sambutannya menyampaikan tentang giat yang dilakukan KNPI Sulut yang dilaksanakan ini akan terus ditindaklanjuti. Jacko sapaan akrab Kumaat berharap kiranya Dialog Kepemudaan dan Bukber ini melahirkan dampak positif bagi pemuda di Sulut.

”Terima kasih atas kehadiran dan partisipasi teman-teman pengurus KNPI, sekaligus Badko HMI SulutGo yang berhasil menggelar kegiatan ini, mari kita lahirkan dinamika dialog yang benar-benar berbobot. Kiranya Dialog Pemuda dan Buka Puasa Bersama ini menguatkan silaturahmi kita kedepannya, patut kita pelihara hal-hal positif yang telah diletakkan para senior KNPI Sulut sebelumnya. Terima kasih juga saya sampaikan kepada senior Bung Reiner Ointoe yang berkenan hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, kami berharap para junior-junior saat ini bisa dibimbing,” papar Jacko menutup.

Dialog ini dipandu langsung Haz Algebra, Ketua Umum Badko HMI SulutGo, dan yang ikut memberikan partisipasi menyampaikan pendapat diantaranya, Heard Runtuwene, Jackson Kumaat, Maichel Singkoh. Hadir dalam kegiatan ini, Iswadi Amali, Sekretaris KNPI Sulut, Stevi Suawa, Waka KNPI Sulut, Syarif ‘Aif’ Daera, pengurus OKP, Awaludin Pangkey, Noho Poiyo, Moning Mamengko, Rolandy Thalib, Pra, Djoko Sutrisno, Alwan Rikun, dan sejumlah pengurus KNPI Sulut lainnya. (Amas)

iklan1
iklan1