Tiga Bulan ‘Bertarung’, GSVL Tutup Diklat PIM IV

GS Vicky Lumentut saat memberikan sambutan (Foto Ist)

GS Vicky Lumentut saat memberikan sambutan (Foto Ist)

MANADO – Tiga bulan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) kepemimpinan (Pim) tingkat IV Pola Kemitraan Badan Diklat Propinsi Sulut dan Pemerintah Kota Manado, akhirnya Senin (31/10/2016) kegiatan ini secara resmi ditutup Wali Kota Manado, Dr Ir G.S Vicky Lumentut.

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Manado. Dalam arahannya, Wali Kota GSVL sapaan akrab Lumentut berharap proyek perubahan yang digagas para peserta Diklat Pim IV tidak sebatas tulisan belaka tetapi harus bisa di implementasikan dalan tugas pokok dan fungsi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurutnya, untuk membuktikan apakah proyek perubahan berjalan sesuai yang diharapkan, pihaknya akan melakukan monitor dan evaluasi.

“Saudara-saudara boleh berbangga dengan apa yang saudara tuangkan dan presentasikan dalam proyek perubahan, tetapi proyek perubahan itu tidak hanya sebatas tulisan saja saat dinilai oleh penguji, tetapi sesudah itu apa yang saudara lakukan, akan dimonitor dan evaluasi,” ujar Wali Kota GSVL.

Lanjut dikatakan, selesai Diklat para peserta boleh berbangga dengan proyek perubahan, namun sikap dan perilaku ASN akan dihormati jika mampu menunjukan kinerja dalam lingkungan kerjanya.

“Saudara-saudara boleh bangga dengan proyek perubahan yang saudara buat. Tetapi, saudara akan dihormati jika menunjukan kinerja atau hasil dari sesuatu yang dlandasi oleh perubahan,” ucap Wali Kota GSVL.

Kiranya para peserta yang dinyatakan berhasil dalam Diklat Pim IV harus mampu berkompetisi dengan ASN dari Kabupaten/Kota lainnya di Sulawesi Utara.

Peserta PIM IV foto bersama Wali Kota Manado (Foto Ist)

Peserta PIM IV foto bersama Wali Kota Manado (Foto Ist)

“Jangan kalah dangan ASN dari kabupaten/kota yang lain di Sulut, semua punya peluang untuk mengembangkan ide-ide bagus dan cerdas. Saya akan monitor dan secara reguler melakukan evaluasi. Jadilah pembawa perubahan dimanapun saudara pergi,” kata GSVL.

Sebelumnya, Kepala Badan Diklat Propinsi Sulut DR Noudy Tendean mengatakan hadirnya 40 peserta Diklat Pim IV di Pemkot Manado akan membawa 40 proyek perubahan diinstansi masing-masing.

“Para peserta akan menjadi pemimpin perubahan, ada 40 proyek perubahan atau 40 karya inovatif dan kreatif akan menentukan pula kualitas proyek perubahan,” paparnya.

Kegiatan ini turut dihadir Kepala BKD Kota Manado, Drs Musa Hans Tinangon MSc dan sejumlah mentor Kepala SKPD masing-masing peserta Diklat PIM IV.(*/Amas)

iklan1
iklan1