Antisipasi Penggunaan Anggaran Tidak Transparan Jurnalis Mitra Gelar Seminar

Berlangsungnya seminar (Foto Suluttoday.com)

Berlangsungnya seminar (Foto Suluttoday.com)

MITRA, Suluttoday.com – Bertempat diauditorium kantor bupati minahasa tenggara (mitra) (kamis 17 nop) pihak Inspektorat-Dinas pendidikan-kepolisian minsel-mitra beserta jurnalis mitra, melakukan seminar bertajuk “Peningkatan Akuntabilitas pengelolaan keuangan bidang pendidikan dan keterbukaan informasi publik”.

Seminar dengan peserta seluruh kepala sekolah SD-SMP serta bendahara sekolah se-mitra ini menghadirkan pemateri dari pihak Kepolisian dengan judul “penangkalan dini penyalagunaan dana BOS” dengan pembicara Kompol Pandelaki.

Sementara dari pihak inspektorat menghadirkan pembicara Irban Ir Roy Rondonuwu dengan judul “transparansi pelaporan keuangan daerah,” dan dari pihak Jurnalis dengan Topik “undang-undang keterbukaan informasi publik” dengan pemateri John kandow,SH.

Seminar yang dibuka langsung asisten satu pemkab mitra Drs Godlif Mamahit,MM. Mewakili Bupati mitra James Sumendap, mengapresiasi seminar tersebut, dengan harapan peserta dapat belajar dari hasil seminar ini untuk tugas tanggung jawab menuju mitra yang lebih sejahtra ujar Mamahit.

Seminar yang mendapat respons oleh ratusan peserta tersebut semakin panas tat’kala masuk seisi dialok, dimana peserta banyak mempertanyakan masalah batasan transparansi laporan keuangan yang kadang- kadang harus mengikuti protab,sementara banyak ditemui berbagai kebijakan yang tak sesuai dengan RKA (rencana kerja anggaran) suatu kegiatan.

Pihak inspektorat yang menjadi sasaran pernyataan dan pertanyaan langsung dengan jawaban bahwa tak ada laporan keuangan yang lari dari RKA, “semua laporan keuangan harus sesuai RKA” jika tak sesuai maka pasti akan menemui kendalah dalam laporan keuangan” tegas Roy. (Jemmy k)

iklan1
iklan1