BPPP Boltim Dampingi Musrembangdes Bulawan Satu

Musrembangdes-boltim-bul-edit

Suasana Musrembangdes Bulawan Satu Kecamatan Kotabunan, Boltim (Rahman)

BOLTIM, Suluttoday.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (BPPP)  Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar Musrembang Desa (Musrembangdes) yang bertempat di Balai Desa Bulawan Satu. Senin, (16/01/2017). Yang sebelum musrembangdes ini telah di lakukan penggalian gagasan ditiap dusun.

Sangadi (kepala desa, red) Haris Lasambu mengatakan, atas hasil ide dan gagasan yang sudah di dapat nantinya akan dipilah mana yang menjadi program Desa melalui dana ADD/DD, Program Kabupaten melalui APBD, APBD Provinsi dan APBN Pusat.

“Tentu Pemerintah Desa akan memprioritaskan semua usulan dari masyarakat dalam masa jabatan selama enam tahun.” Terangnya.

Namun dari semua usulan kata dia, tidak semua bisa diakomodir oleh ADD/ADD. Menurutnya ada beberapa usulan dari tiap dusun setelah dihitung sangat menelan anggaran cukup besar.

“Program yang bisa di biayai oleh ADD/DD hanya bisa di bawah dua ratus juta, ketika ada yang lebih dari itu tentu Desa tidak bisa merealisasikan sesuai petunjuk dan regulasi.” Terangnya. Sembari langsung memaparkan hasil yang sudah di dapat melalui penggalian gagasan tiap dusun Desa Bulawan Satu.

Sekretaris BPPP mengatakan, Musrembangdes, merupakan penggalian gagasan atau ide-ide yang menurut masyarakat Desa usulan itu benar-benar sesuai kebutuhan masyarakat.

“Dalam era pemerintahan saat ini membangun satu daerah itu harus di mulai dari desa, dan di musrembangdes inilah akan di peroleh gagasan atau ide baru yang menjadi program unggulan untuk enam tahun kedepan dalam pembangunan desa.” Kata Hendry Laoh saat mendampingi Musrembangdes.

selain itu mewakili Camat Kotabunan Idris Paputungan mengatakan, dalam pertemuan Musrembangdes ini supaya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sampaikanlah hal-hal yang berguna buat kita semua kedepan.

“Manfaatkan pertemuan musrembangdes ini dengan sebaik-baiknya. Seperti contoh pertanian yang dibutuhkan apa untuk meningkatkan kwalitas hidup.” Jelasnya.

Kemudian kata dia, ada dua hal yang dititipkan Camat Kotabunan, adalah kita sama-sama berpikir dan memberi masukan dalam pembangunan fisik dan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kemudian dalam menyampaikan hal yang menurut bapak ibu itu harus berdasarkan kebutuhan kita yang bersentuhan dengan banyak orang.” Beber Paputungan sesuai pesan Camat Kotabunan.

Hadir dalam musrembangdes ini Sangadi Bulawan Satu, Sekretaris BPPP, Perwakilan Kecamatan Kotabunan, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Tenaga Ahli Boltim, Pendamping Desa,  BPB, LPM, Pegarawai Syari, Ibu PKK, Kelompok Majelis Taklim dan Tokoh Masyarakat. (Rahman)

iklan1
iklan1