Musim Penghujan, Dinkes Boltim Himbau Jaga Kebersihan Lingkungan

Eko Marsidi2-edit

Eko Marsidi,SKM,ME. Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Boltim

BOLTIM, Suluttoday.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) kembali menghimbau masyarakat supaya menjaga lingkungan sekitar rumah tetap bersih. Pasalnya masuk musim penghujan wabah penyakit DBD dan Diare mudah menyerang siapa saja. Demikian kepala Dinas Kesehatan Eko Marsidi, SKM, ME saat bersua dengan media ini diruang kerjanya pada Kamis, (19/01/2017).

“Biasanya setiap peralihan musim kemarau ke musim penghujan (Pancaroba) membawa penyakit DBD dan Diare. Tentu ini menjadi perhatian masyarakat agar peduli yang namanya lingkungan bersih dan sehat.” Imbaunya.

Dikatakannya, untuk mengantisipasi dari penyakit berbahaya. Marsidi menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan supaya tetap bersih dengan melakukan langkah-langkah pencegahan tidak membiarkan kaleng-kaleng bekas di sekitar rumah, ban motor, ban mobil yang sudah bekas, kobangan tanah yang dapat menampung air hujan, dari semuanya itu kita bersihkan sebab benda-benda inilah yang mengundang nyamuk berbahaya seperti DBD.

“Mari kita berantas sarang nyamuk, seperti barang bekas sebaiknya di bakar saja, selain itu seperti kobangan tanah supaya di timbun agar tidak menjadi genangan air. Selain itu saluran air supaya setiap pagi dan sore di bersihkan dipantau terus supaya tidak tersumbat, langkah-langkah ini yang harus kita perhatikan supaya tidak terserang wabah DBD dan Diare.” Jelasnya.

Selain itu ada cara lain jauh lebih efektif untuk memberantas wabah ini. Yaitu dengan, menggunakan 3M, 1. Menguras, 2. Menutup, 3. Mengubur.

“Tiga cara ini harus kita budayakan dalam keseharian kita, pertama, menguras tempat penampungan air. Kedua, menutup tempat penampungan air, seperti bak mandi, tempat air minum dan sebagainya. Dan ketiga, adalah mengubur barang-barang bekas. Seperti ban bekas, kaleng-kaleng bekas dan lain-lain atau barang sudah tidak di pakai.” Terangnya.

Sembari menambahkan, ketika ada ada masyarakat yang melaporkan penyakit ini untuk segera meneruskan ke Puskes terdekat untuk mendapatkan pelayanan.

“Kalau ada penderita DBD dan Diare, supaya segera melaporkan ke Puskes terdekat supaya segera mendapat pertolongan. Saya sudah mengintrusikan kepada semua tenaga-tenaga medis di setiap puskesmas ketika ada masyarakat melapor secepatnya di tindak lanjuti.” Pungkasnya. (Rahman)

iklan1
iklan1