9000-an Kader PPKBD Diberdayakan Kendalikan Pertumbuhan Penduduk Mitra

 Marrie Anna Dotulong (Foto Ist)

Marrie Anna Dotulong (Foto Ist)

MITRA, Suluttoday.com – Program pengendalian penduduk kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mulai berlangsung, hal ini terlihat dari gerakan Dinas Pengendalian kependudukan dan keluarga berencana kabupaten minahasa Tenggara (DPKKB) Mitra.

Kepala dinas DPKKB Mitra Marrie Anna Dotulong kepada suluttoday.com mengatakan “pihaknya kini mulai melakukan pembenahan internal dengan melakukan pamantapan progaram kinerja setiap bidang dilingkungan DPKKB untuk mengetahui data riil yang akan dikerjakan ” lebih lanjut mantan camat Tombatu ini menjelaskan “pihak nya terus turun lapangan kesetiap kecamatan dalam mendapatkan hasil pendataan petugas lapangan keluarga berencana (PLKB) terhadap pengendian kependudukan disetiap desa”.

Dari hasil turun lapangan inilah sehingga kami mendapati bahwa harus melakukan perekrutan baru dan pembinaan bagi kader penggerak pengendian kependudukan dan keluarga berencana desa, sebab ternyata ada banyak Petugas Pendataan Keluarga Berencana Desa (PPKBD) yang sudah tidak aktif serta sub PPKBD yang tidak diberdayakan.

”Karena sangat pentingnya tugas yang harus dilakukan oleh PPKBD,maka pihaknya akan melakukan pelatihan bagi 9000-an PPKBD dan Sub PPKBD yang tersebar di135 desa dan 9 kelurahan yang ada di 12 kecamatan se-Mitra,” ujar Dotulong.

Adapun tugas pokok PPKBD dan sub PPKBD yang berada hingga lingkungan jaga/dusun meliputi pendataan dan pembinaan serta mengayomi kelompok usia lanjut, kelompok usia remaja dan ibu hamil serta balita dengan harapan kader PPKBD ini akan menjadi ujung tombak pengendalian penduduk serta dapat berperan disemua lini pembangunan desa dengan sukarela. Tutup Dotulong. (jemmy k)

iklan1
iklan1