Tower Ilegal dan Iklan Bermasalah di Manado, Pengusaha Akan Dipidana

Bismark Lumentut (Foto Suluttoday.com)

Bismark Lumentut (Foto Suluttoday.com)

MANADO – Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Badan Perizinan Pelayanan Terpadu (BP2T), tak main-main menjalankan aturan terkait perizinan. Seperti yang disampaikan, Kepala Dinas BP2T Manado, Bismark Lumentut bahwa pihaknya akan menertibkan Tower ilegal, papan iklan (reklame) yang tidak berizin, dan pembangunan gedung bermasalah alias tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

”Kita akan tegas menertibkan bangunan maupun pemasangan iklan yang tidak sesuai ketentuan. Untuk itu, bagi pengusaha tower, reklame, dan bangunan yang belum memiliki izin kami ingatkan agar segera mengurus izin karena akan ditindaki sesuai aturan yang berlaku, dimana dalam Peraturan Daerah Nomor 6 tahun 2012 tetang Bangunan Gedung sudah jelas menerangkan soal sanksi dan cara-cara penerapannya sesuai aturan,” ujar Bismar saat ditemui di ruang kerjanya.

Tidak hanya itu, Bismark juga tak lupa memaparkan terkait sanksi pidana yang akan dikenakan kepada para pengusaha ‘kumabal’ atau pihak pemasang iklan reklame yang tidak mengikuti prosedur melalui penegakan Perda.

”Dalam Perda khususnya pasal 96 ayat 1, dijelaskan bahwa pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan dalam pasal 12, 13, 14, 22, 23, 24, 25, 26, dan 27 peraturan daerah ini diancam pidana kurungan paling lama 3 bulan. Itu artinya, komitmen untuk menjalankan penertiban tak lain adalah bagian dari kita memajukan Kota Manado, tak ada pandangbulu, semua kita sikat bila melanggar aturan,” papar Bismark tegas. (Amas)

iklan1
iklan1