E-Musrenbang Kecamatan Sukses, JFE Apresiasi Peran Masyarakat

Jimmy Eman dan Syerly Sompotan yang memiliki konsep pembangunan Dedicate EMAS for Tomohon (Foto Suluttoday.com)

Jimmy Eman dan Syerly Sompotan yang memiliki konsep pembangunan Dedicate EMAS for Tomohon (Foto Suluttoday.com)

TOMOHON – Setelah suksesnya penyelenggaraan E-Musrenbang pada lima kecamatan di Kota Tomohon, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak (JFE) menyatakan apresiasinya atas peran dan keterlibatan masyarakat terhadap rencana pembangunan Tahun 2018 mendatang, melalui tahapan perekaman aspirasi aspirasi ini.

Disampaikan JFE, keterlibatan stakeholders ditiap kecamatan untuk berperan aktif dalam hal memberikan sumbangan pemikiran yang strategis bagi kemajuan pembangunan di Kota Tomohon tersebut menggambarkan pelaksanaan pembangunan di Kota Tomohon mendatang merupakan hasil sinergitas pemerintah dan stakeholders dalam hal ini masyarakat.

“Ini bagian dari peran penting masyarakat dalam membantu serta mengawal berbagai kebijakan Pemerintah Kota Tomohon terutama terkait hasil Musrenbang sebagai hasil bersama antara pemerintah dan masyarakat,” ujar JFE.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kota Tomohon Ir Ervinz DH Liuw MSi menyatakan dengan selesainya tahapan pembahasan pada e-musrenbang di tingkat kecamatan sebagai hasil masukan yang telah dihimpun pada e-musrenbang kelurahan, maka hasil tersebut akan ditindaklanjuti dengan pembahasan dalam forum SKPD, sehingga dilakukan penyesuaian terhadap visi misi Dedicate EMAS sebagai program unggulan kepemimpinan Jimmy Eman dan Syerly Sompotan.

“Selanjutnya akan dilakukan pembahasan bersama dengan perwakilan masyarakat pada e-musrenbang tingkat Kota Tomohon pada Bulan Maret 2017 mendatang untuk menjadi rumusan Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) Tahun 2018,” jelas Liuw.

Salahsatu e-musrenbang kelurahan (Foto Suluttoday.com)

Salahsatu e-musrenbang Kecamatan (Foto Suluttoday.com)

Disisi lain, sejumlah tokoh masyarakatpun mengapresiasi akselerasi Pemerintah Kota Tomohon terhadap penyelenggaraan e-musrenbang sebagai perwujudan atas penjabaran kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI.

“Sebagai warga kota Tomohon kami bangga akan komitmen Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon yang ingin selalu menjadi terdepan dalam pembangunan. Kami memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pemerintahan saat ini, karena Tomohon merupakan daerah di Sulawesi Utara yang pertama kali menerapkan pelaksanaan musrenbang secara elektronik,” ungkap Joppy Kereh, tokoh masyarakat Tara-Tara Satu Kecamatan Tomohon Barat.

Salahsatu e-musrenbang Kelurahan (Foto Suluttoay.com)

Salahsatu e-musrenbang Kelurahan (Foto Suluttoday.com)

Senada dengannya, Freddy Kaunang yang ikut terlibat dalam e-musrenbang dari Kelurahan Matani Tiga hingga Kecamatan Tomohon Tengah mengatakan momen ini sebagai wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasi serta pemikiran-pemikiran strategis bagi pembangunan di Kota Tomohon secara terarah.

“Kami siap mengawal setiap kebijakan pembangunan yang akan dilaksanakan Pemerintah Kota Tomohon kedepan, karena meyakini hasil dari Musrenbang yang dilaksanakan secara elektronik ini akan terealisasi sesuai rencana dan program sehingga akan memberi dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon,” tandas Kaunang.

Dari penyelenggaraan e-musrenbang kelurahan hingga kecamatan, tercatat bahwa jajaran Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Tomohon ikut melakukan peran aktifnya sebagai wujud pertanggungjawaban dan kepedulian tinggi bagi pembangunan terutama penciptaan kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon. (Stevy)

iklan1
iklan1