Mahasiswa Stikes Posko Tujuh Bulawan Satu Bantu Warga Bersihkan Sampah

Bakti Sosial Mahasiswa Stikes Muhammadiyah Manado Sulawesi Utara Posko 7 Desa Bulawan Satu Kecamatan Kotabunan Boltim (Rahman)

BOLTIM, Suluttoday.com – Kepiawaian Mahasiswa Stikes Muhammadiyah Manado Sulawesi Utara Posko 7 Desa Bulawan Satu Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terus di tingkatkan. Hampir di setiap saat mereka melakukan bakti sosial (Baksos) kerja bakti masal sampai pada.

Hal ini di buktikan dengan melakukan kerja bakti disetiap minggu mulai dari  membersihkan sampah yang berserakan di bantaran sungai yang membentangi antara dua Desa Bulawan bersatu dan Kotabunan bersatu.

Bukan hanya itu mereka pun melayani pemeriksaan kesehatan mulai dari pemeriksaan tekanan darah. Sampai pada pemeriksaan Gula Darah, Kolestrol dan Asam Urat. Bahkan terinformasi pada Sabtu besok Mahasiswa Stikes Muhammadiyah ini melakukan Baksos pengobatan gratis sampai pada sunatan masal dengan mendatangkan langsung tenaga dokter-dokter ahli.

Gandi Lapian warga Bulawan Satu mengatakan, dia sangat senang melihat pelayanan yang di berikan oleh mahasiswa stikes tersebut.

“Terus terang kami sangat terbantukan dengan pelayanan sampai pada penyuluhan mengenai kesehatan. Kami masyarakat Bulawan Satu sangat bangga atas kunjungan Mahasiswa Stikes ini, mudah-mudahan tahun-tahun kedepan Daerah Boltim khususnya Desa Bulawan Satu ini mendapat kepercayaan lagi untuk di kunjungi.” Ucap Lapian dengan nada haru usai melaksanakan kerja bakti bersama mahasiswa. Pada Jum’at, (3/03/2017).

Ditempat yang sama. Pebriyathi Tahulending mahasiswa stikes jurusan keperawatan mewakili mahasiswa lainnya mengatakan, bahwa ini sudah merupakan bagian bahkan sudah tujuan utama dari tugas kami untuk membantu warga di Desa Bulawan Satu.

“Ini adalah tugas utama dalam pengembangan studi kami. Kami harus turun ketengah-tengah masyarakat untuk menjalankan misi kami yaitu misi kesehatan. Ilmu pendidikan yang telah kami dapatkan dalam studi ini harus kami inplementasikan kepada masyarakat.” Terang Tahulending turut di aminkan rekan-rekan mahasiswa lainnya.

Tahulending menambahkan, bantaran sungai seharusnya kita jaga kebersihannya jangan sampai kita cemari dengan sampah.

“Kalau ini di cemari sampah maka otomatis pemicu gangguam kesehatan akan muncul dari situ, karena yang namanya sampah sangatlah jorok karena disampah itu semua kotoran akan jadi satu di tempat ini, maka sangatlah mudah kita terkena penyakit.” Jelasnya.

Haris Lasambu, Sangadi (Kepala Desa, red) Bulawan Satu mengatakan sangat berterima kasih kepada Mahasiswa yang begitu antusias membantu pemerintah dan masyarakat di Desa ini dalam hal kebersihan atau pelayanan kesehatan.

“Hampir di setiap waktu Mahasiswa ini ikut turun lapangan dengan tidak mengenal lelah. Tentu ini suatu penghargaan buat kami pemerintah dan masyarakat yang ada di Desa Bulawan Satu.” Kata Lasambu saat bersama warga dan mahasiswa dilokasi kerja bakti.

Lanjut. Lasambu mengingatkan kepada warga Desa Bulawan Satu untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di bantaran sungai.

“Sekarang sampah-sampah di pinggir sungai sudah dilakukan pembersihan oleh mahasiswa. Seharusnya kita malu sama meteka karena sampah yang kita buang sembarangan mahasiswa yang melakukan pembersihan. Maka saya meminta kepada warga untuk tidak membuang sampah lagi di tempat tersebut.” Pungkasnya. (Rahman).

iklan1
iklan1