Bapelitbangda Gelar Konsultasi Publik “Tomohon’s Planners Club”

Ronni Lumowa dan Ervins Liuw pada kegiatan konsultasi publik perencanaan program (Foto Suluttoday.com)

TOMOHON – Badan Perencanaan Penelitian Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kota Tomohon berpacu dengan komitmen Pemerintah Kota Tomohon yang dipimpin Wali Kota Jimmy Feidie Eman SE Ak dan Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan dalam rancangan pembangunan 2018 di Wale Edelweiss, Selasa (7/3/2017). Asisten Perekonomian Ronni S Lumowa SSos MSi dalam arahannya mengatakan Pemerintah Kota Tomohon dalam melaksanakan kegiatan mengacu pada program unggulan yaitu Dedicated EMAS.

“Harapan kami melalui konsultasi publik ini nantinya terbentuk program-program untuk memberikan masukan terhadap pembangunan Kota Tomohon kedepan menjadi lebih baik,” ujar Lumowa.

Sementara itu, Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Ir Ervinz DH Liuw MSi mengatakan konsultasi publik ini sesuai dengan aturan Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

“Kita telah mengadakan e-musrenbang di kelurahan dan kecamatan sehingga hasil ini akan dibahas secara berlanjut pada tingkat kota untuk kemudian menjadi rancangan e-prososal, selanjutnya kita masukan pada e-planning. Namun demikian untuk mensinergikan penyelenggaraan program secara nasional dan regional serta mewujudkan komitmen pembangunan sesuai RKPD Tahun 2018, maka konsultasi publik menjadi salahsatu langkah yang perlu dilakukan,” kata Liuw.

Disampaikan pula, momentum ini terkait dengan tema nasional yakni Memacu Investasi dan Pembangunan infrastruktur sehingga perlu disesuaikan dengan tema Kota Tomohon Peningkatan Infrastruktur, Iklim Investasi, Sumber Daya dan Kualitas Lingkungan Hidup.

Ibrahim Tular, selaku tokoh masyarakat serta penggagas terbentuknya Kota Tomohon ikut memberikan masukan (Foto Suluttoday.com)

“Pemkot Tomohon telah memiliki 7 program prioritas daerah yang telah tertera di RPJMD(Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), salah satunya kemandirian ekonomi. Ini semua merupakan intisari dari e-musrenbang yang telah dilaksanakan. Pembangunan Kota Tomohon kedepan diutamakan pelebaran jalan, pembangunan wisata dan budaya, pembangunan pusat wisata kuliner dan peningkatan pasar beriman, pembangunan pasar petani organik dan juga rencana pembentukan desa,” jelas Liuw.

Hadir pada momentum ini, diantaranya Anggota DPRD Kota Tomohon Jimmy Wewengkang MBA, Piet HK Pungus SPd, James Kojongian ST, Inspektur Kota Tomohon Ir Djoike Karouw Msi, Tokoh Masyarakat, Akademisi, asosiasi profesi dan jajaran pejabat Pemerintah Kota Tomohon. (Stevy)

iklan1
iklan1