Catatan KOHATI HMI Manado, Sekilas tentang International Women Day

Tirta Shyafirah Modeong (Foto Ist)

Penulis Tirta Shyafirah Modeong, Ketua KOHATI HMI Cabang Manado 

Hari ini tanggal 8 Maret adalah Hari Perempuan Dunia (International Women Day). Hari perempuan international ini pertama kali dirayakan pada tanggal 28 februari 1909 di New York dan diselenggarakan oleh Partai sosialis Amerika Serikat. Peringatan itu sendiri di awali dengan kegelisahan besar dan debat kritis di kalangan perempuan. Mereka menganggap ada tekanan dan perlakuan tidak adil terhadap kaum hawa di masa itu. Hingga akhirnya, aksi long march sekitar 15 ribu perempuan berjalan kaki di New york AS.

Kemudian demonstrasi pada tanggal 8 Maret 1917 yang dilakukan oleh para perempuan di Petrograd memicu terjadinya revolusi Rusia. Pada tahun 1977 Hari Perempuan Internasional diresmikan sebagai perayaan tahunan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memperjuangkan hak-hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Tujuan dasarnya adalah untuk mencapai kesetaraan gender secara utuh oleh perempuan seluruh dunia. Namun sampai sekarang tujuan itu belum terrealisasi karena masih banyak kesenjangan yang terjadi baik itu dalam bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya terhadap perempuan.

Melalui momentum Hari Perempuan Dunia ini mari kita sama-sama sebagai kaum perempuan ikut merefleksikan memperjuangkan hak dan perlindungan perempuan sebagi bentuk peduli terhadap nasib kaum perempuan. Perjuangan itu setidaknya di mulai dari diri sendiri mampu merdeka atas diri sendiri, mandiri secara ekonomi, tidak ketergantungan dengan lawan jenis, cerdas secara bersikap dan berkarakter.

Karena perubahan itu dimulai dari diri sendiri terlepas dari segala bentuk belenggu atau budaya patriarki yang mengikat dan tidak membebaskan atas perempuan itu sendiri. Tanpa mengesampingkan qodrat sebagai kaum perempuan.

Selamat Hari Perempuan Dunia dari kami Kohati Cabang Manado mari menjadi perempuan cerdas, mandiri, berkarakter dan muslimah sejati. (***)

Hidup Perempuan !!!
#KitaKOHATI..

iklan1
iklan1