Bapelitbangda Lakukan Konsultasi Pada Wali Kota JFE Terkait RKPD 2018

Bapelitbangda saat melakukan konsultasi dengan Wali Kota JFE (Foto Suluttoday.com)

TOMOHON – Terkait penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2018, Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Tomohon bersama unsur terkait melakukan konsultasi dengan Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak (JFE) di ruang kerjanya, Selasa (14/3/2017).

Kepala Bapelitbangda Ir Ervinz DH Liuw MSi menjelaskan hal ini penting untuk dilaksanakan mengingat pada waktu lalu Pemerintah Kota Tomohon telah melaksanakan musrenbang kelurahan, musrenbang kecamatan serta konsultasi publik dan saat ini konsultasi dengan pimpinan daerah, sehingga kedepan akan masuk dalam tahap penyiapan RKPD yang rencananya dimasukan ke provinsi pada akhir mei 2017 nanti.

“Untuk itu, rencananya akan dilaksanakan Forum Perangkat Daerah. Forum ini berkaitan dengan sinkronisasi program Pemerintah Kota Tomohon melalui SKPD yang disesuaikan hasil musrenbang maupun konsultasi publik,” kata Liuw.

Diuraikannya rencana awal atau draf program prioritas daerah dan rencana aksi 2018 secara Nasional bertemakan memacu investasi dan infrastruktur pertumbuhan dan pemerataan, sedangkan untuk tema Pemerintah Kota Tomohon kaitannya dengan program ini adalah peningkatan infrastruktur, iklim investasi, sumber daya dan kualitas lingkungan hidup.

“Program prioritas daerah dan rencana aksi 2018 tentunya dikemas dalam program EMAS (E-Government, Merubah wajah kota, Akselerasi pembangunan, Smart city service), dan meliputi 7 prioritas yakni kemandirian ekonomi dan daya saing, penanggulangan kemiskinan, pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup penanggulangan bencana dan penataan ruang, pariwisata dan budaya, pengembangan infrastruktur, kualitas birokrat dan tata kerja, serta kualitas sumber daya manusia,” urai Liuw.

Menanggapi akan hal tersebut, Wali Kota Tomohon mengatakan pelaksanaan pembangunan di Kota Tomohon pada tahun 2018 tetap mengacu pada visi misi termasuk ketujuh program prioritas yang ada. Untuk prioritas pembangunan daerah tahun 2018 akan meyesuaikan dengan hasil e-musrenbang yang telah dilaksanakan.

“Kaitannya dengan infrastruktur jalan, secara keseluruhan kondisinya cukup baik tetapi kelanjutan pembangunannya tetap dilaksanakan dalam rangka peningkatan pembangunan dalam berbagai aspek seperti pertanian yang tentunya berdampak pada perkembangan perekonomian di Kota Tomohon. Program pembangunan yang sementara berjalan tahun ini tentunya akan menjadi prioritas kedepan sekaligus dilaksanakan dan dilanjutkan di tahun depan,” tegas JFE.

Disinggung pula dengan berbagai fasilitas olahraga dan pariwisata, kedepan akan ditingkatkan seperti contoh merehab fasilitas Stadion Parasamya serta sarana dan prasarana tempat wisata di Kota Tomohon, sehingga dapat mewujudkan Kota Tomohon sebagai kota destinasi wisata/kota pariwisata dunia.

“Kaitannya dengan pelaksanaan program prioritas daerah tahun 2018, saat ini pun Pemerintah Kota Tomohon telah mengajukan usulan program kegiatan ke beberapa kementerian yang telah diinput melalui e-musrenbang untuk memperoleh alokasi dana pusat melalui DAK,” jelas JFE.

Pertemuan diikuti Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc, Asisten Kesra Dra Truusje Kaunang, Asisten Perekonomian Ronni Lumowa SSos, Asisten Umum Novi Politon, serta para Staf Ahli Walikota. (Stevy)

iklan1
iklan1