Giatkan Majelis NU Kotabunan Gelar Do’a Bersama Buat Tokoh Ulama Besar KH. Hasim Muzadi

Kegiatan majelis NU Kotabunan (Rahman)

BOLTIM, Suluttoday.com – Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) giatkan program Majelis NU.

Ketua Majelis NU Kecamatan Kotabunan, Usman Mamonto mengatakan. Kegiatan majelis ini dalam rangka mensyiarkan agama dalam Ahlul Sunnah Wal’jamaah. Kegiatan ini dilaksanakan setiap minggu sekali .

“Setiap malam jum’at kegiatannya di laksanakan, kegiatan majelis ini intinya adalah untuk mensyiarkan agama.” Kata Mamonto, pada  Kamis, (16/03/2017) tadi malam pada pelaksanaan Majelis NU bertempat di kediaman keluarga Hi. Fitri Pana-Mardjun.

Dijelaskannya, selain membahas kitab kuning, majelis NU ini sekaligus membentengi keimanan dalam diri kita.

“Dengan kecanggihan alat teknologi saat ini maka lewat organisasi majelis NU ini mari kita mendalami ilmu agama, bentengi diri kita dengan iman dan tagwa.” Jelas Mamonto.

Kata dia, pengurus PCNU ini sudah dari tahun 2015 tapi waktu itu kepengerusannya fakum, tidak jalan. Sehinnga dengan pengurus baru di lantik sekarang ini melakukan terobosan melalui kegiatan seperti ini.

“Tahun 2015 sebenarnya sudah ada cuman pengurusnya pada waktu itu fakum, sehingga adanya pengurus baru di lantik melakukan terobosan-terobosan melalui kegiatan seperti ini salah satunya majelis NU yang setiap minggu di laksanakan.” Bebernya.
Dikatakannya, NU menjadi yang terdepan dalam setiap kegiatan-kegiatan keagamaan, yang ada di kecamatan kotabunan.

“Kedepannya di setiap pelaksanaan hari-hari besar islam itu di sponsori oleh NU. Seperti Isra Mi’raj, Maulid dan kegiatan hari besar islam lainnya.” Katanya.

Kata dia, Kegiatan majelis ini di lakukan setiap seminggu sekali, dengan cara bergilir.

“Setiap minggu di lakukan majelis untuk membahas kitab kuning dengan cara bergilir, berpindah-pindah rumah. Yang kita bahas adalah kitab kuning. Mengenai kitab kuning ini keberadaaanya sudah ada 600 tahun lalu, dan setiap pesantren salah satu ilmu agama yang di bahas adalah kitab kuning. Nah, berhubung kita mempunyai ustad yang memahami kitab kuning yaitu Ustad Kusti Ismail, maka kita mendirikan majelis ini dengan membahas kita kuning tersebut.” Jelasnya.

Sembari menambahkan, acara PCNU ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Kabupaten Boltim yang dilaksanakan di Desa Paret Kecamatan Kotabunan.

“Kedepannya di setiap pelaksanaan hari-hari besar islam itu di sponsori oleh NU. Seperti Isra Mi’raj, Maulid dan kegiatan hari besar islam lainnya.” Katanya.

Kata dia, Kegiatan majelis ini di lakukan setiap seminggu sekali, dengan cara bergilir.

“Setiap minggu di lakukan majelis untuk membahas kitab kuning dengan cara bergilir, berpindah-pindah rumah. Yang kita bahas adalah kitab kuning. Mengenai kitab kuning ini keberadaaanya sudah ada 600 tahun lalu, dan setiap pesantren salah satu ilmu agama yang di bahas adalah kitab kuning. Nah, berhubung kita mempunyai ustad yang memahami kitab kuning yaitu Ustad Kusti Ismail, maka kita mendirikan majelis ini dengan membahas
kita kuning tersebut.” Jelasnya.

Sembari menambahkan, acara PCNU ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Kabupaten Boltim yang dilaksanakan di Desa Paret Kecamatan Kotabunan.

“Maka dari itu saya selaku ketua Majelis NU mengarapakan kepada kaum Muslimin Muslimah di kecamatan kotabunan dan kabupaten boltim pada umumnya agar supaya bisa bergabung bersama mengikuti kegiatan acara mejelis yang di lakukan setiap minggu sekali atau setiap malam jum’at.” Tandasnya.

Ketua Majelis Ulama Nasional (MUI)  Boltim RL Paputungan menambahkan, kegiatan majelis dilaksanakan saat ini dirangkaikan dengan pembacaan Doka bersama mengenang wafatnya tokoh Ulama Nasional yaitu KH. Hasim Muzadi.

“Malam ini sekaligus pembacaan Do’a bersama mengiringi kepergian Almarhum KH. Hasim Muzadi. Beliau merupakan tokoh ulama besar nasional, dan Indonesia sangat kehilangan sosok beliau merupakan tokoh ulama besar.” Ucap Paputungan.

Camat Kotabunan Rahman Hulalata pada sambutanya mengatakan, sangat bangga atas kegiatan majelis ini, dirinya mengharapkan supaya kegiatan seperti ini terus di tingkatkan.

“Melalui kegiatan-kegiatan ini kita bisa tingkatkan iman dan taqwa kita. Dengan kegiatan ini kita bisa meramaikan tenpat-tempat ibadah yaitu masjid. Masjid bukan hanya pusat ibadah tapi masjid merupakan tempat pendidikan agama. Nah dengan kegiatan majelis NU ini mari kita tingkatkan ilmu pendidikan agama kita.” Puungkasnya.

Hadir pada majelis NU dan doa bersama ini ketua PCNU Kabupaten Boltim Hi. Sarkawi Modeong, Sekertaris Isnaini Modeong. Ketua MUI Boltim RL Paputungan, Camat Kotabunan Rahman Hulalata, Ustad Ceng. Sangadi Kotabunan bersatu, Bulawan bersatu dan anggota majelis NU. (Rahman).

iklan1
iklan1