AMDA Kebun Raya Mitra MSP Siap Diproses

Kebun Raya Minahasa Tenggara (Foto Suluttoday.com)

MITRA, Suluttoday.com – Megawati Sukarno Putri (MSP) yang berada di eks Lahan Tambang emas PT. New Mount Minahasa Raya yang telah dihutankan kembali. Menurut UU No. 4/2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara disebutkan bahwa reklamasi adalah kegiatan yang dilakukan sepanjang tahapan usaha pertambangan untuk menata, memulihkan, dan memperbaiki kualitas lingkungan dan ekosistem agar dapat berfungsi kembali sesuai peruntukannya.

Kini hutan hasil reklamasi tersebut telah dijadikan kebun raya MSP oleh pemerintah kabupaten minahasa tenggara dan proses persiapan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), untuk pembangunan kebun raya Megawati Soekarnoputri di Kecamatan Ratatotok.

“Amdal pembangunan kebun raya ini sedang dipersiapkan oleh Pemkab Mitra , dan akan disusun tahun ini,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tommy Soleman di Ratahan, Rabu (22/3/2017).

Lebih lanjut Dr Tommy menjelaskan , penyusunan AMDAL tersebut akan diserahkan kepada konsultan, yang akan menjadi pihak ketiga dari Pemkab.

“Tahapannya sampai saat ini masih menunggu tender yang akan dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang,setelah proses Amdal selesai dilakukan pihak konsultan pemenang tender, Pemkab segera melakukan kajian serta mengeluarkan rekomendasi.

Dokumen Amdal selanjutnya akan diteruskan kepada pihak Pemerintah Pusat melalui kementerian terkait untuk ditindaklanjuti pada proses pengerjaan kebun raya, jelasnya. Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang DR. Welly Munaiseche ketika dikonfirmasi menyatakan proses pengajuan tender sudah akan dilakukan pihaknya dalam waktu dekat.

“Tendernya di angka Rp 300 juta, kita berharap bisa dilaksanakan dengan cepat sehingga rencana pembangunan kebun raya akan dilakukan sesuai mekanisme yang berlaku,” ujar Munaisrche. (Jemmy k).

iklan1
iklan1