Adanya Kondisi Alam Yang Beragam, Pemkab Gelar Pelatihan TRC

Pelatihan TRC Pemkab Boltim (Rahman)

BOLTIM, Suluttoday.com – Dengan kondisi alam dan topografi yang beragam mulai dari daerah pesisir pantai hingga daerah pegunungan, membuat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) sangat rawan terjadinya berbagai jenis bencana, seperti banjir, tanah longsor, deformasi permukaan tanah, tsunami angin puting beliung dan bencana lainya. Melihat kondisi ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan pelatihan Tim Raksi Cepat (TRC). Pada Selasa, (21/03/2017) kemarin.

Kepala BPBD Boltim Harun Manoppo mengatakan maksud dilaksanakanya pelatihan TRC yakni untuk meningkatkan pengetahuan TRC dalam rangka keterlibatan dan peran serta dalam penanggulangan bencana, meningkatkan kapasitas TRC agar dapat bekerja dengan terkoordinasi, efektif dan efisien.

“Juga meningkatkan kapasitas kinerja serta daya dan hasil guna dalam pelaksanaan tugas selaku TRC.” Kata Manoppo.

Lanjut dikatakannya, anggota TRC mempunyai tugas pokok yakni, mengkaji secara cepat dan tepat dilokasi lokasi bencana dalam waktu tertentu termasuk mengidentifikasi cakupan lokasi bencana, jumlah korban, kerusakan sarana prasarana gangguan terhadap fungsi pelayanan umum pemerintahan serta kemampuan baik sumber daya alam maupun buatan. Melaksanakan pengkajian awal segera setalah terjadi bencana pada saat tanggap darurat, mengkoordinasikan hasil kajian ke tim komando TRC Kabupaten, membentuk posko dilokasi yang dianggap perlu.

“Dan TRC dapat memperlancar koordinasi dengan seluruh sektor yang terlibat dalam penanggulangan bencana, juga melaporkan hasil pelaksanaan tugas secara periodik setiap bulan kepada tim komando TRC kabupate.” Terang Manoppo.

Pelatihan TRC penanggulangan bencana dibuka Asisten 3 Sekda Boltim, juga dihadiri Kapolsek Urban Kotabunan Kompol Meydi Wowiling, Danramil Kotabunan Alfred Tondowana serta peserta pelatihan TRC dari unsur aparat desa. (Rahman)

iklan1
iklan1