Wabup Buka Pelatihan Manajemen Bumdes

Peserta Bumdes pada pelatihan manajemen yang di buka oleh Wakil Bupati Rusdi Gumalangit (Rahman)

BOLTIM, Suluttoday.com – Bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Tutuyan Dua Kecamatan Tutuyan, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar pelatihan Manajemen Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Hal ini guna untuk meningkatkan kemampuan keuangan Pemerintah Desa dalam penyelenggaraan pemerintahan dan meningkatkan pendapatan masyarakat melalui berbagai macam kegiatan usaha ekonomii masyarakat perdesaan, maka perlu didirikan Bumdes.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa saat memaparkan tujuan dari pertemuan (Rahman)

Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit sebelum membuka kegiatan pelatihan manajemen Bumdes terlebih dahulu mengecek kehadiran peserta mulai dari manager Bumdes dan anggota. Di katakannya, mulai dari manager sampai anggota harus jelas dulu pembentukannya di Desa, sangadi memilih pengurus karena faktor kedekatan. Nah ini yang tidak boleh terjadi. harus orang yang benar-benar memahami administrasi karena bumdes butuh orang selain kejujuran juga harus memahami administrasi.

“Meskipun sangadi punya kewenangan menunjuk pengurus, tapi jangan tunjuk itu orang tidak tau administasi. Di kuatirkan ketika program ini sudah jalan dia tidak tahu menulis.” Terang Wabup Rusdi Gumalangit sekaligus membuka kegiatan pelatihan manajemen Bumdes. Selasa, (4/04/2017).

Lanjutnya, namun ketika program ini sudah jalan Sangadi tidak bisa masuk ke dalam pengelolaan Bumdes ini atau sengaja intervensi pengurus.

“Ketika sudah di serahkan kepada pengurus Bumdes, Sangadi tidak boleh ikut campur, nda boleh masuk kedalam pengolaan. Sangadi hanya wajib oleh pengoelola untuk mesampaikan. Bukan sangadi masuk ke dalam dan mengobok-obok. Serahkan kepada pengurus nanti mereka yang mengatur.” Tegasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) mengatakan, dengan adanya pelatihan ini guna memberikan ilmu manajemen kepada pengurus di tingkat desa terdiri dari sangadi, pengurus dan manager Bumdes yang ada di masing-masing Desa di Kabupaten Boltim.

“Harapan saya dengan adanya pelatihan ini dapat menambah ilmu manajemen serta penyusunan administrasi pengelolaan Bumdes di semua Desa yang ada di Boltim.” Singkatnya. (Rahman).

iklan1
iklan1