Peringati HKBN, Relawan Indonesia Sulut Menggelar Latihan Vertical Rescue

Budiman saat beraksi (Foto Ist)

MANADO – Bertempat di Jembatan Soakarno Manado, Minggu (30/4/2017), Relawan Indonesia bersama Elemen Masyarakat Kota Manado, baik pengurus Masjid, pencinta Alam dan potensi relawan bencana lain melakukan Latihan Vertical Rescue. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan selain memperigati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) relawan Indonesia.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat Kota Manado, tentang pentingnya pemahaman tentang kebencanaan serta tindakan dalam kebencaan khususnya tentang pengenal dan pemahaman Dasar Vertical Rescue.

Menurut firman Gobel’kegiatan ini dilakukan dalam rangka HKBN dan HUT Relawan Indonesia ini, dilakukan sebagai langkah pencegahan dari potensi bencana serta untuk memberi kepahaman dasar menanggulangi bencana di masyarakat Kota Manado. Kegiatan ini untuk memberi bekal masyarakat khususnya Kota Manado dalam rangka pencegahan serta penanggulangan bencana Kota Manado.

Relawan Indonesia Sulawesi Utara (Foto Ist)

Selain itu, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyemarakan HUT Relawan Indonesia yang ke-6,dan juga sebagai wujud tanggungjawab dari Relawan Indonesia. Menurut Budiman Lalane, sekretaris Relawan Indonesia, kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa kesadaran dari masyarakat tentang waspada bencana.

”Baik sebelum bencana, saat terjadi ataupun pasca terjadinya bencana,dengan begitu masyarakat diharapkan lebih bijaksana dan siap dalam menyikapi bencana. Diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat lebih tumbuh rasa kewaspaan terhadap bencana, baik sebelum, saat atau pasca bencana,” ujar Budiman.

Faris, Relawan Indonesia Sulawesi Utara (Foto Ist)

Lanjut dikatakannya bahwa pelatihan ini dilakukan agar masyarakat lebih siap dan bijak menghadapi bencana. Sementara itu, Zulfikar Ely salah satu relawan Indonesia Sulawesi Utara menambahkan pentingnya masyarakat diedukasi untuk mewujudkan adanya masyarakat yang tangguh.

”Kegiatan semacam ini atau kegiatan lainnya yang berkaitan dengan kesiapsiagaaan bencana, akan terus dilakukana oleh Relawan Indonesia Sulawesi Utara, sebagai wujud pengabdian dan tanggung jawab kepada masyarakat dalam rangka menciptakankan Masyarakat Tangguh, cakap dan tangap bencana,” tutur Jul sapaan akrab jebolan FISPOL Unsrat Manado ini. (*/Rahmat)

iklan1
iklan1