Deklarasi Komitmen NKRI Sebagai Wujud Bela Negara di Tomohon, Diikuti Spontanitas Warga

Pawai komitmen bela negara dan NKRI harga mati dalam momentum Selaksa Merah Putih masyarakat Tomohon (Foto Suluttoday.com)

TOMOHON – Komitmen masyarakat Kota Tomohon terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai wujud bela negara bergema dalam deklarasi bertajuk Selaksa Merah Putih Untuk Bela Negara dan NKRI Harga Mati berlangsung meriah dengan sikap spontanitas warga ikut serta pada pawai bersama, (12/5).

Diracik dalam bentuk jalan sehat dan start dari Kawasan Pusat Kota Tomohon dan finish di SMU Lokon St Nikolaus Tomohon ternyata melibatkan sekitar lima ribuan orang dari berbagai komponen masyarakat dengan membawa bendera merah putih, serta atribut lainnya yang bernuansa nilai – nilai kebangsaan serta yel – yel aksi bela negara mewarnai sekaligus menyemangati masyarakat pada momentum ini.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak didampingi Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan mengungkapkan kegiatan ini merupakan bentuk respon dari rakyat Kota Tomohon yang menyatakan cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bersifat final dan harga mati.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan semangat kebangsaan agar nilai-nilai Nasionalisme terus berkobar kepada seluruh masyarakat Kota Tomohon,” kata Eman.

Ditegaskannya, ungkapan bela negara yang digelorakan secara Nasional merupakan hal penting tentang Nasionalisme dan Patriotisme sebagai modal utama membela NKRI berdasarkan Pancasila.

“Sebab, jika bukan kita, maka siapa lagi. Untuk itu, perlu diapresiasi dan disampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah terlibat dalam kegiatan ini,” kata Eman.

Sebelumnya, Toar Pangkey selaku Ketua Komisi Pemuda Sinode GMIM membacakan deklarasi masyarakat Kota Tomohon dalam bingkai NKRI dan ikut ditandatangani Wakil Wali Kota Tomohon bersama perwakilan unsur TNI, POLRI, tokoh agama, siswa, organisasi massa, serta masyarakat umum.

Diketahui, Wali Kota Tomohon telah turut menandatangani Deklarasi dalam kegiatan Aksi Bela Negara Provinsi Sulawesi Utara di Manado dihadapan Menteri Pertahanan RI Jenderal (Purn) TNI Ryamizard Ryacudu pada 3 Mei 2017 lalu bersama para pemimpin kabupaten/kota se Sulawesi Utara. (Stevy)

iklan1
iklan1